Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah secara resmi meluncurkan Kementerian Ketenagakerjaan Corporate University (Kemnaker CorpU) untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia aparatur sipil negara (ASN) ketenagakerjaan.

"Dengan Kemnaker CorpU ini diharapkan tercipta ASN Kementerian Ketenagakerjaan yang cerdas sosial dan digital, berkolaborasi, gesit, mudah beradaptasi, transformatif, mahir teknologi, fleksibel, inisiatif, inovatif," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam acara Kick Off Kemnaker CorpU yang diikuti virtual dari Jakarta, Rabu.

Adanya Kemnaker Corpu itu juga diharapkan Menaker Ida dapat mendorong ASN yang visioner, berpikir berbeda dan dapat memberikan pelayanan profesional.

Tujuan dari pembentukan itu adalah pemerintahan berkelas dunia (world class goverment) yaitu salah satu komponen pentingnya adalah ASN cerdas, dengan banyak indikator yang perlu dicapai untuk sampai ke tingkatan tersebut.

Baca juga: Menaker minta dunia usaha ikut cegah pelecehan seksual di tempat kerja

"Kemnaker CorpU dibentuk berlandaskan atas visi Presiden Republik Indonesia dan sembilan lompatan Kementerian Ketenagakerjaan, di antaranya sebagai wujud implementasi visi pembangunan nasional dan SDM unggul, Indonesia maju," jelasnya.

Ida mengatakan Kemnaker CorpU diharapkan akan berkontribusi dalam mewujudkan sumber daya manusia aparatur ketenagakerjaan yang lebih cerdas dan unggul. Pembentukannya juga merupakan perwujudan dari reformasi birokrasi bidang manajemen SDM.

Semua hal itu, jelasnya, dalam rangka memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat.

"Pesan saya, ketika kita sudah memiliki Corporate University di kementerian kita ini, setiap pejabat tinggi harus bertanggung jawab terhadap proses pembelajaran sebagai bagian dari pengembangan kompetensi sumber daya manusia di masing-masing unit," demikian Ida.

Baca juga: Menaker harapkan serikat pekerja beri perhatian lebih terkait K3
Baca juga: Menaker dorong sosialisasi K3 intens dan inovatif sasar kaum muda
Baca juga: Menaker tegaskan penerapan K3 kunci atasi pandemi di tempat kerja

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022