Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Imigrasi menyumbangkan 400 kantong darah dalam rangka memperingati Hari Bakti Imigrasi Ke-72.

"Target kami 400 kantong darah. Kami menyasar pendonor dari internal yaitu pegawai Kementerian Hukum dan HAM, Taruna Politeknik Imigrasi dan tidak menutup kemungkinan bila ada tamu dari luar yang ingin ikut mendonorkan darahnya," kata Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto di Jakarta, Rabu.

Sebelum melakukan donor darah, para pendonor lebih dulu melakukan skrining awal termasuk tes cepat antigen sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

Andap mengungkapkan bahwa donor darah ini bertujuan untuk memberikan stok darah bagi PMI yang saat ini sedang mengalami kelangkaan stok darah karena pandemi COVID-19.

"Donor darah ini merupakan bentuk sinergitas antara Kemenkumham RI dengan Palang Merah Indonesia," kata Andap.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Bakti Sosial Hari Bakti Imigrasi ke-72, Agus Widjaja mengatakan bahwa acara donor darah ini merupakan satu dari beberapa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kegiatan bakti sosial lainnya yakni bantuan bagi korban bencana Gunung Semeru di Lumajang dan pemberian bantuan sembako bagi masyarakat tidak mampu di sekitar Jakarta.

"Untuk bakti sosial di Lumajang akan dilaksanakan pada Sabtu (22/1/2022) bersamaan dengan penyerahan bantuan bagi masyarakat kurang mampu di Jakarta," kata dia.

Baca juga: Kemenkumham terus gencarkan sosialisasi layanan M-Paspor

Baca juga: Kemenkumham pindahkan terpidana mati ke Nusakambangan

Baca juga: Kemenkumham-Polri gagalkan 148 upaya penyelundupan narkoba ke lapas

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022