Jita melakukan transformasi di sistem pertahanan kesehatan sehingga kalau terjadi bencana atau pandemi lagi kita telah siap
Purwakarta, Jabar (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan pabrik alat kesehatan (alkes) di Kampung Nagrog, Desa Kertamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Kamis.

"Kita sudah melakukan pendekatan ke sejumlah perubahan di dunia yang bisa membangun pabriknya di Indonesia," katanya disela peresmian pabrik alkes di Purwakarta, Jawa Barat.

Ia mengaku sebelumnya telah diperintahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan transformasi di sektor kesehatan.

"Salah satunya kita melakukan transformasi di sistem pertahanan kesehatan sehingga kalau terjadi bencana atau pandemi lagi kita telah siap," kata katanya.

Menurut Menkes salah satu hal penting dari sistem kesehatan adalah "supply" (pasokan) dari ujung ke ujung, yakni produksi lokal dari alat kesehatan maupun alat tes dan obat-obatan.

Pabrik alat kesehatan yang baru diresmikan itu adalah sebuah pabrik yang berada di bawah manajemen PT Standar Biosensor Healthcare, di Desa Kertamukti, Purwakarta.

PT Standar Biosensor Healthcare merupakan sebuah perusahaan yang membuat alat-alat kesehatan diagnostik in vitro yang berupa kit diagnostik PCR.

Sesuai dengan mekanisme perizinan yang berlaku dengan sistem OSS semua mekanisme perizinan sudah dilalui, mulai dari Nomor Induk Berusaha, September tahun 2019 sampai Izin Mendirikan Bangunan diterbitkan pada 5 Mei 2020.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang menghadiri kegiatan peresmian itu berharap dengan adanya pabrik yang menyediakan alat kesehatan di Purwakarta, bisa memudahkan masyarakat Purwakarta untuk mendapatkan alat kesehatan, tanpa harus impor dari luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan mengungkapkan, PT Standar Biosensor Healthcare adalah perusahaan yang memproduksi alat-alat kesehatan yang mendukung untuk percepatan penanganan COVID-19. 

Baca juga: Muktamar ke-31 IDI jadikan transformasi kesehatan nasional topik utama

Baca juga: Pandemi buka jalan transformasi menuju arsitektur sistem kesehatan

Baca juga: Presiden ajak reformasi besar-besaran sistem kesehatan nasional

Baca juga: Menkes akan pakai APBN 2022 guna transformasi 6 pilar sektor kesehatan

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022