Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong seluruh pihak terkait di Pulau Untung Jawa untuk senantiasa meningkatkan penjenamaan (branding) pariwisata setelah berhasil menjadi salah satu desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia.

"Potensi yang dimiliki Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, sangat luar biasa. Penghargaan sebagai salah satu desa wisata terbaik pun layak didapatkan. Namun, saya harap jangan berhenti sampai di sini saja. Harus terus tingkatkan branding pariwisata," ujar LaNyalla dalam keterangannya di Jakarta.

Ia mengemukakan hal tersebut saat melakukan kunjungan kerja ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, LaNyalla menyarankan para pihak terkait untuk mengoptimalkan promosi pariwisata Pulau Untung Jawa melalui semua media yang ada, baik media sosial, media milik pulau tersebut, maupun jasa iklan.

"Lalu yang terpenting, wisatawan dan masyarakat pun harus bisa menjaga kebersihan,” tambah LaNyalla.

Di samping itu, LaNyalla memaparkan pula tiga pembenahan yang perlu dilakukan di Pulau Untung Jawa agar semakin menjadi pilihan bagi wisatawan.

Baca juga: Ketua DPD RI imbau pemerintah beri penghargaan kepada relawan bencana

Baca juga: Ketua DPD RI: UPK NKRI-BUMDes bisa beriringan entas kemiskinan desa


"Setidaknya, ada tiga hal yang harus terus dibenahi Pulau Untung Jawa agar bisa menjadi destinasi pilihan, yaitu aksesibilitas, amenitas (sesuatu yang menimbulkan kesenangan), dan atraksi (pertunjukan menghibur)," kata dia.

LaNyalla memandang tiga hal tersebut bernilai penting dan mendasar di dunia pariwisata. Apabila tiga hal itu dibenahi dan diperkuat, ujar dia, Pulau Untung Jawa akan semakin mudah menjaring wisatawan.

Lalu terkait kondisi pandemi COVID-19 yang belum usai, LaNyalla mengimbau protokol kesehatan tetap diimplementasikan secara maksimal oleh seluruh unsur masyarakat dan wisatawan Pulau Untung Jawa.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Untung Jawa, Rusli mengaku merasa senang atas kunjungan LaNyalla.

Menurutnya, kehadiran LaNyalla semakin mengangkat wibawa Pulau Untung Jawa, terlebih setelah pulau tersebut menjadi desa wisata terbaik versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Terima kasih Pak LaNyalla dan para anggota DPD RI yang terhormat telah hadir di tempat kami. Jadi, semuanya bisa melihat langsung kondisi dan keadaan destinasi kami. Di tempat ini, kesejahteraan masyarakat bisa dilihat dari banyak atau tidaknya pengunjung wisatawan yang datang," kata Rusli.

Untuk diketahui, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta menjadi salah satu dari 50 destinasi desa wisata terbaik di tahun 2021.

Desa Wisata Pulau Untung Jawa mempunyai beragam keunggulan yang bisa dijual kepada wisatawan. Di antaranya, adalah Pantai Arsa, Pantai Amiterdam, Pantai Sakura, Kampung Jepang, dan Jembatan Pengantin.

Lalu, ada pula Laguna Mangrove, Taman Nemo, Museum, Suaka Margasatwa, Benteng Martello, serta pulau cagar budaya, yakni Pulau Onrust dan Pulau Kelor.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022