Menurut kebiasaan nelayan setempat, mengubur bangkai ikan paus akan memberi mereka keberuntungan ketika mereka melaut. Itu adalah tradisi lama bagi nelayan di sini.
Hanoi, Vietnam (ANTARA News/AFP) - Ratusan orang Vietnam telah mengadakan upacara untuk mengubur ikan paus yang mati dan ditemukan di pantai, karena mereka percaya itu akan membawa keberuntungan bagi nelayan setempat, kata seorang pejabat Senin (4/7).

Awak kapal penangkap ikan pada Sabtu (2/7) menemukan bangkai mamalia laut seberat tujuh ton sekitar 100 meter dari pantai Vietnam tengah-selatan dan menyeret ikan paus itu ke pantai, kata Nguyen Tien Thanh, pejabat pemerintah di kabupaten Dong Hai, provinsi Ninh Thuan.

"Kami tidak tahu dari mana bangkai ikan paus tersebut berasal," kata Thanh sebagaimana dilaporkan AFP, yang dipantau ANTARA, di Jakarta, Selasa. "Kami menyelenggarakan upacara sehari penuh pada Ahad untuk menguburkannya."

Sebanyak 100 nelayan termasuk di antara sebanyak 300 orang yang memberi penghormatan terakhir mereka buat hewan sepanjang 10 meter itu.

"Menurut kebiasaan nelayan setempat, mengubur bangkai ikan paus akan memberi mereka keberuntungan ketika mereka melaut. Itu adalah tradisi lama bagi nelayan di sini," kata Thanh, meskipun ikan paus bukan hewan asli di perairan Vietnam.

Ia menambahkan setelah tiga tahun, bangkai hewan tersebut akan dikeluarkan dari kuburannya di pantai untuk dikubur-kembali di pemakaman ikan paus setempat.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011