Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuka lima lokasi layanan SIM Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) di Jakarta pada, Selasa.

Melalui akun Twitter resminya @TMCPoldaMetro, layanan SIM Keliling ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Adapun lokasi layanan SIM keliling tersebut yakni:

Jakarta Timur: Mal Grand Cakung;
Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibada;

Jakarta Barat: LTC Glodok dan Mal Citraland;

Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng.


Pemegang SIM yang hendak melakukan perpanjangan di gerai SIM keliling diharapkan menyiapkan dokumen yang diperlukan, yakni KTP asli dan SIM asli berikut fotokopi, mengisi formulir permohonan dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

Gerai SIM Keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Selama berada di lokasi gerai SIM Keliling, masyarakat diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan dan tidak berkerumun.

Baca juga: Layanan SIM keliling Jakarta di lima titik pada Senin
Baca juga: Sabtu, ada lima gerai SIM Keliling di Jakarta


Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022