Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (24/1) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Pemerintah, DPR, dan penyelenggara sepakat pemilu pada 14 Februari

Pemerintah, DPR, dan penyelenggara pemilu sepakat Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan pemilu anggota legislatif pada 14 Februari 2024.

Mendagri Tito Karnavian pada rapat dengar pendapat di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pemerintah sependapat terkait dengan rencana pelaksanaan pemungutan suara Pilpres, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, serta pemilu anggota DPRD provinsi, kabupaten, dan kota pada tanggal 14 Februari 2024.

Selengkapnya baca disini

2. DPR sepakati Pilkada serentak 27 November 2024

Komisi II DPR RI bersama Pemerintah dan penyelenggara pemilu menyepakati pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Kita sudah pernah mengambil keputusan bersama kalau Pilkada serentak 27 November 2024," kata Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Bawaslu RI dan DKPP RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

3. Panglima TNI jelaskan perubahan strategi penanganan persoalan di Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan adanya perubahan strategi yang dijalankan institusinya dalam penanganan persoalan di Papua dan Papua Barat untuk jangka panjang.

"Ada beberapa yang kami lakukan untuk menghadapi dinamika permasalahan di sana secara jangka panjang dengan kembalikan tugas atau operasi di Papua dan Papua Barat menjadi bagian sebagai tugas satuan organik seperti tugas di provinsi dan pulau lain," kata Andika dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

4. Jokowi jadi presiden kedua kunjungi Pagar Alam setelah Bung Karno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan presiden kedua RI yang singgah di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, setelah Presiden Soekarno yang hadir di kota tersebut pada 1952.

Presiden Jokowi mengaku sangat berbahagia dalam kunjungan kerjanya ke Kota Pagar Alam pada hari ini.

Selengkapnya baca disini

5. Luqman: Kepastian Pemilu berdampak positif bagi pemulihan ekonomi

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mengatakan kepastian waktu penyelenggaraan Pemilu 2024 akan berdampak positif bagi upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

"Semoga dalam rapat kerja Komisi II dengan KPU, Kemendagri dan Bawaslu hari ini, dapat ditetapkan tahapan dan jadwal Pemilu 2024, termasuk tanggal pemungutan suaranya," kata Luqman di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022