warga yang positif COVID-19 itu hanya mengalami gejala ringan
Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Emi Abriyani mengatakan warga yang dinyatakan positif COVID-19 di kota setempat bertambah tiga orang.

"Setelah dua hari kita tidak ada pasien COVID-19 atau zona hijau, pada hari ini ada tiga warga yang dinyatakan positif COVID-19," kata Emi di Palangka Raya, Rabu.

Dari hasil tracing, satu warga dinyatakan positif tersebut diketahui saat melaksanakan tes PCR usai yang bersangkutan sakit dan menjalani perawatan.

Sementara keduanya diketahui terjangkit virus corona dari hasil tes saat akan melakukan perjalanan keluar kota. Keduanya merupakan pasangan suami istri. Sang istri dinyatakan positif COVID-19 karena adanya transmisi lokal dari suami yang sering bepergian keluar kota.

"Meski demikian, ketiga warga yang positif COVID-19 itu hanya mengalami gejala ringan sehingga hanya melakukan isolasi mandiri. Untuk pelayanan kesehatan dan pemantauan dilakukan Puskesmas terdekat," kata Emi.

Baca juga: Kota Palangka Raya berhasil "zero" pasien COVID-19
Baca juga: 29 dari 30 kelurahan di Palangka Raya zona hijau penyebaran COVID-19

Dalam paya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 akumulasi pasien positif COVID-19 mencapai 13.135 orang. Kemudian 12.612 orang diantaranya dinyatakan sembuh, 520 orang dinyatakan meninggal dunia dan tiga sisanya masih melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu, untuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah tercatat akumulasi pasien COVID-19 sebanyak 46.747 orang. Kemudian 45.147 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan 1.591 orang pasien meninggal.

Masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga diminta selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Palangka Raya tinggal satu orang

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022