Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, meminta setiap prajurit agar selalu menjalankan tugas pembinaan teritorial sesuai arahan yang telah ditetapkan atau ditentukan.

"Tugas kita adalah pembinaan teritorial. Kita berharap banyak masyarakat sekitar di tempat rekan-rekan bertugas menyayangi dan mencintai," kata dia, di sela kunjungan kerja di wilayah Papua yang dipantau melalui kanal YouTube, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Panglima TNI tegaskan pentingnya latihan pratugas di wilayah Papua

Sebaliknya, dia juga mendorong para prajurit yang sedang menjalankan tugas harus menyayangi dan mencintai masyarakat setempat.

Menurut dia, setiap personel bisa mewujudkan atau menjalin kedekatan bersama masyarakat dengan komunikasi yang baik serta bersosialisasi. Harapannya, hubungan yang baik itu dapat selalu dijaga. "Kita harus berusaha bergaul dan berkomunikasi sosial dengan mereka semaksimal mungkin," ujar dia.

Baca juga: Panglima TNI tunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak jabat Pangkostrad

Ia mengatakan dengan membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat setempat, maka hal tersebut bisa menunjang tugas pembinaan teritorial berjalan dengan baik pula.

Dalam kunjungan kerja tersebut Jenderal lulusan Akademi Militer pada 1987 itu mengunjungi Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL XI/Merauke. Ia juga berdialog langsung dengan para komandan satuan dari tingkat Korem di wilayah Merauke.

Baca juga: Panglima TNI hadiri serah terima jabatan Dankodiklat serta Dankoopsus

Dalam arahannya, dia mengatakan distribusi makanan siap santap bagi para personel yang bertugas di pos Satgas maupun jajaran lainnya harus menjadi perhatian. Ia juga meninjau serbuan vaksinasi yang ada di Merauke.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022