Jakarta (ANTARA) - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Buku 'Wajah Polisi Presisi: Melahirkan Banyak Inovasi dan Prestasi' merupakan potret perjalanan dari program Polri Presisi selama setahun di bawah kepimpinan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

"Pak Edi Hasibuan (penulis buku, red.) memotret inovasi, kreasi, maupun berbagai macam upaya yang dilakukan oleh polda dan polres di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," kata Dedi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dedi menambahkan buku ini merupakan suatu bentuk delegasi dari Pengamat Kepolisian Edi Hasibuan sebagai wujud bagaimana Polri sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan transformasi menuju Polri Presisi.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi III DPR apresiasi capaian kinerja Polri tahun 2021

Sementara itu, Edi Hasibuan selaku penulis buku mengatakan penulisan buku ini merupakan proses panjang sejak dilantiknya Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Ia memotret tahapan demi tahapan yang menjadi program Polri Presisi apakah sudah dilakukan di seluruh Indonesia.

"Setelah satu hingga tiga bulan banyak inovasi muncul, banyak prestasi muncul yang dilakukan jajaran Polri. Ini program Kapolri harus ada perubahan besar di Polri dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Ia mencontohkan beberapa inovasi yang dilakukan Polri, yakni penerapan ETLE dan pembuatan SIM online. Ia menyoroti bagaimana kinerja Polri mendukung program vaksinasi pemerintah.

Baca juga: Ini capaian kinerja Polri di HUT ke-75 Bhayangkara
Baca juga: Bamsoet apresiasi beragam capaian kinerja Polri


"Pemerintah meminta masyarakat melakukan vaksinasi dan Polri sebagai garda terdepan diberikan beban bagaimana masyarakat bisa mendapatkan vaksin minimal 70 persen di seluruh Indonesia," katanya.

Melalui kerja sama dengan TNI dan pemda, Edi menyebut layanan program vaksinasi membuat masyarakat merasa terlindungi dan terlayani dengan baik, di mana Polri merupakan representasi negara hadir untuk masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Edi meminta Polri tak berpuas diri dalam capaian satu tahun terakhir. Ia meminta Polri untuk meningkatkan kinerja agar masyarakat merasa keberadaan Polri dapat dirasakan langsung masyarakat.

“Kami yakin Kapolri saat ini sangat terbuka dan transparan untuk dikritik," ujarnya.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022