Kami perintahkan para Kepala UPT PSDKP untuk bersinergi dengan Forkompinda dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merotasi sebanyak 24 pejabat baru di tingkat Unit Pelaksana Teknis Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (UPT PSDKP) untuk mengakselerasi pengawasan dalam mengawal berbagai program prioritas KKP.

"Kami harapkan keberadaan saudara-saudara semua (pejabat baru) di garda terdepan pengawasan dapat semakin memperkuat pengawasan dalam rangka mengawal program-program prioritas KKP,” ujar Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Adin menjelaskan bahwa rotasi para personil UPT PSDKP merupakan tindak lanjut arahan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk melaksanakan tour of duty personil KKP sebagai bentuk pembinaan dan penyegaran sehingga semakin memperkuat pelaksanaan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Selain itu, Adin juga menegaskan agar para pejabat yang dilantik dapat segera menyesuaikan diri dengan tempat bekerja yang baru dan melaksanakan penguatan kinerja di unit kerja masing-masing.

"Mutasi, rotasi dan promosi merupakan mekanisme yang biasa dalam pembinaan kepegawaian serta merupakan upaya meningkatkan performa organisasi," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal PSDKP, Suharta menyampaikan bahwa sebanyak 24 pejabat baru UPT PSDKP yang dilantik tersebut telah menandatangani Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja sebagai perwujudan komitmen untuk bekerja secara profesional dalam mengemban jabatannya.

Selanjutnya Suharta juga berharap agar para Pejabat tersebut dapat bersinergi dan menjalin hubungan baik dengan instansi terkait lainnya dalam menjalankan tugasnya ke depan.

"Kami perintahkan para Kepala UPT PSDKP untuk bersinergi dengan Forkompinda dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan," jelas Suharta.

Berdasarkan informasi dari KKP, di antara 24 pejabat baru yang dilantik, sebanyak 10 Pejabat merupakan Kepala Unit Pelaksana Teknis PSDKP antara lain Kepala Pangkalan PSDKP Bitung Harlym Raya Marbhakti, Kepala Pangkalan PSDKP Benoa Salman Mokoginta, Kepala Pangkalan PSDKP Batam Turma Hardianto Maha, dan Kepala Pangkalan PSDKP Lampulo Akhmadon.

Kemudian, Kepala Stasiun PSDKP Tarakan Johanis Johniforus Medea, Kepala Stasiun PSDKP Tahuna Bayu Yuniarto Suharto, Kepala Stasiun PSDKP Cilacap Erik Sostenes, Kepala Stasiun PSDKP Pontianak Abdul Quddus, Kepala Stasiun PSDKP Ambon Mubarak, dan Kepala Stasiun PSDKP Kupang Dwi Santoso Wibowo.

Baca juga: KKP bentuk unit reaksi cepat guna pengawasan sektor kelautan perikanan
Baca juga: KKP-Bareskrim Polri perkuat pengawasan sumber daya perikanan
Baca juga: KKP bakal tambah armada pengawasan dengan kapal sepanjang 110 meter

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022