Selama setahun enam bulan Irwan Andy Purnamawan menyusun program, mengalihkan pekerjaan warga dari sebelumnya sebagai PETI, kini menjadi peternak lebah madu yang lebih menghasilkan uang dan tidak lagi merusak alam
Jambi (ANTARA) - Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan didampingi Kapolsek Sungai Manau Iptu Mulyono mengunjungi rumah madu di Desa Muaro Panco Barat, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang merupakan warga mantan pekerja penambang emas tanpa izin (PETI) setempat.

Dalam kunjungan itu, melalui keterangan resmi yang diterima di Jambi, Jumat, Kapolres sekaligus berpamitan kepada para warga mantan pekerja PETI  yang kini menjadi peternak lebah madu binaannya, di mana selama satu tahun enam bulan telah berhasil dan warga merasakan dampaknya dari peralihan pekerjaan dari pekerja PETI menjadi peternak madu.

"Karena saya akan segera meninggalkan jabatan sebagai Kapolres Merangin setelah mendapat promosi jabatan baru sebagai Wakil Direktur Intelkam Polda Jambi," katanya.

Baca juga: 22 desa di Kabupaten Merangin terima dana afirmasi perhutanan sosial

Baca juga: Bupati Merangin ajak warga manfaatkan lahan untuk pelihara ikan


Baca juga: BPBD Jambi: evakuasi penambang emas ilegal diperpanjang

Di hadapan Kepala Desa Muaro Panco Barat, Halik Mawardi dan kelompok tani madu, Kapolres menyampaikan terima kasih karena telah mendukung dirinya selama bertugas di Merangin.

Ia juga berpesan agar para peternak madu di Desa Muaro Panco Barat untuk terus mengembangkan usahanya.

"Saya minta usaha rumah madu ini agar terus dikembangkan," kata Kapolres Merangin yang juga memberikan bingkisan kepada para peternak Madu di Desa Muaro Panco Barat.

Selama lebih kurang satu tahun enam bulan Irwan Andy Purnamawan menyusun program, salah satunya mengalihkan pekerjaan warga dari sebelumnya sebagai PETI, kini menjadi peternak lebah madu yang lebih menghasilkan uang dan tidak lagi merusak alam.

Melalui program peternak lebih madu ini, kata dia, alam dan lingkungan setempat tetap terjaga dan lestari tanpa ada kerusakan dari aksi Peti yang selama ini mereka lakukan untuk bekerja mencari uang atau pendapatan.

Hasil madu dari beternak lebah ini sudah bisa menggantikan pendapatan warga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari warga di Desa Muaro Panco Barat, Renah Pembarap, Merangin, Jambi, demikian Irwan Andy Purnamawan.

Baca juga: Basarnas Jambi berhasil evakuasi korban longsor di Merangin

Baca juga: Polda Jambi buru pemodal peti tewaskan enam pekerja


Baca juga: Menyusuri kawasan geologi Geopark Merangin menuju pengakuan UNESCO

Baca juga: Kopi Robusta Merangin kantongi Sertifikat Indikasi Geografis

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022