Washington (ANTARA News) - Gary Locke, Senin, secara resmi mundur sebagai menteri perdagangan Amerika Serikat dan menjadi duta besar baru AS untuk China, berjanji untuk memetik keuntungan dari hubungan AS-China yang sulit dan sensitif.

Dilantik oleh Menlu Hillary Clinton yang menyinggung tantangan yang akan ia hadapi, Locke, orang China Amerika pertama yang memegang jabatan bergengsi itu, mengatakan AS dan China memiliki banyak untuk saling mendapat keuntungan satu sama yang lainnya, lapor AFP.

Keduanya "memiliki hubungan ekonomi, diplomatik dan bilateral strategis yang sangat penting dan kompleks, satu (hubungan) dengan tantangan, tidak masalah, tapi satu yang juga memegang janji besar bagi kerja sama dan kolaborasi yang meluas", kata Locke pada upacara di Deplu AS itu.

Ia menyatakan ia akan meneruskan kerja kooperatif untuk mengekang perubahan iklim, mencari sumber energi yang lebih bersih dan menghentikan pengembangan nuklir dan juga upaya-upaya yang ia kejar sebagai menteri perdagangan untuk membuka pasar China bagi barang dan jasa AS.

Utusan baru itu menggantikan bekas gubernur Utah dari partai Republik John Huntsman, yang meninggalkan Beijing sekitar tiga bulan lalu dan merencanakan untuk mencalonkan diri menantang bekas bosnya, Presiden Barack Obama, dalam pemilihan November 2012.

Locke juga berjanji untuk mengurus bidang-bidang yang ia katakan kedua negara itu memiliki "perbedaan" dan "ketidaksepakatan serius".

Locke, 61, mengambilalih jabatan itu pada waktu tegang dalam hubungan AS-China, yang penuh dengan serangkaian perselisihan termasuk kebijakan ekonomi yang didorong ekspor, pengeluaran militer yang meningkat dan catatan hak asasi manusia.

Kedua negara juga memiliki perbedaan mengenai penjualan senjata AS ke Taiwan, dukungan AS pada Tibet dan pengejaran China atas klaimnya terhadap kepulauan yang kemungkinan besar kaya-sumber di Laut China Selatan.

"Saya akan bekerja untuk menjaga jalur komunikasi terbuka, untuk menyampaikan sikap pemerintah dengan jelas dan untuk berhubungan dengan para pejabat pemerintah China pada tingkat tertinggi," kata Locke, merujuk ke bidang-bidang "sensitif".

Ia juga mengharapkan "untuk berbuat lebih banyak untuk berkomunikasi secara langsung dengan rakyat China guna meningkatkan pengertian antara dua negara besar kita".

Pada Mei, Obama mencalonkan John Brian untuk menjabat sebagai menteri perdagangan mendatang. Sambil menunggu pengesahannya, penjabat wakil menteri perdagangan Rebecca Blank akan menjadi penjabat menteri perdagangan.

Dalam sebuah pernyataan departemen perdagangan yang mengumumkan pengunduran dirinya, Locke memuji apa yang ia katakan sebagai ekspor yang meningkat, tumpukan yang berkurang bagi aplikasi paten dan langkah pertama ke arah perbaikan pengawasan ekspor. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011