Rembang (ANTARA News) - Memasuki Ramadhan 1432 Hijriah sejumlah perajin kerudung bordir di Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah banjir pesanan.

Muhammad Zawinnuha, seorang perajin kerudung bordir sedan di Rembang, Selasa mengatakan jumlah pesanan mengalami lonjakan hingga seratus persen dibandingkan hari-hari biasa.

"Sejak sepekan menjelang Ramadhan hingga saat ini, per minggu jumlah pesanan mencapai 100 kodi, sedangkan pada hari-hari biasa hanya sekitar 50 kodi per minggu," katanya.

Ketua Klaster Industri Bordir Kabupaten Rembang ini mengungkapkan pesanan kini juga datang dari luar daerah, antara lain dari Jember, Surabaya, Kediri, Jombang di Provinsi Jawa Timur dan Solo, Kudus, Pekalongan di Jawa Tengah.

Harga kerudung dijual dengan harga mulai Rp60.000 per kodi hingga Rp600.000 per kodi, dan pesanan paling banyak adalah kerudung dengan harga Rp300.000-Rp400.000 per kodi.

Rohmah, perajin kerudung bordir lainnya mengatakan pesanan kerudung pada Ramadhan tahun ini meningkat signifikan.

"Kalau dibandingkan pada Ramadhan tahun lalu, terjadi kenaikan permintaan antara 30 persen hingga 60 persen. Jika pada 2010, omzet menjelang Ramadhan hanya Rp20 juta sampai Rp30 juta per pekan kini bisa mencapai Rp26 juta hingga Rp48 juta per pekan," kata Pemilik Elva Collection. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011