Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Fauzi Bowo meminta pengurus dan takmir masjid Islamic center Jakarta untuk menjadikan peringatan Nuzulul Quran pada bulan suci Ramadhan ini sebagai sarana pengkhataman Alquran dan tempat mencari ilmu bagi warga Jakarta.

"Saya titipkan kepada pengurus masjid Islamic Centre untuk menjadikan peringatan Nuzulul Quran setiap tahunnya di isi dengan mengkhatamkan Alqur'an dan sebagai ajang tempat pencarian ilmu agama bagi warga DKI," kata Fauzi yang akra dipanggil Foke itu pada  peringatan Nuzulul Quran di Islamic canter Jakarta utara, semalam.

Dalam rilisnya di Jakarta,Jumat, Foke mengatakan, khatam Alquran itu tidak hanya membaca saja tapi juga mengerti dan memahami makna yang terkandung didalamnya antara lain mengenai larangan, ajakan kebaikan dan cerita tentang umat-umat terdahulu. Ini semua bisa dijadikan pegangan hidup untuk bisa menciptakan kedamaian.

"Dalam Alquran itu banyak cerita, ajakan dalam kebaikan selama kita hidup, jadi kalau ajaran itu dipahami dengan baik, kita semua bisa manjadikan hidup ini lebih bermakna tidak hanya pada diri sendiri tapi juga buat masyarakat dan negara. Oleh karena itu, gerakan sadar baca Alquran dan mengerti makna ini harus didengungkan," katanya.

Pemerintah Provinsi DKI sendiri, menurut Foke, melalui semangat Nuzulul Quran akan memberikan perhatian khusus kepada pendidikan moral dan akhlak kepada generasi muda.

Pasalnya, generasi muda saat ini harus terus diingatkan mengenai bagaimana menjadikan kandungan Alquran sebagai pegangan dan jiwa serta spirit dalam menjalankan kehidupan sehingga terhindar dari berbagai kerusakan moral sepeti akibat pengaruh pergaulan bebas.

"Ini penting bagi generasi sekarang untuk bisa memahami makna ajakan dan pesan moral yang ada di Alquran dengan membaca secara mendalam. Kita harapkan Jakarta mampu menciptakan generasi muda yang agamis di tengah globalisasi saat ini," tambahnya.

Sementara itu, Pengurus MUI DKI, KH Munzir Tamam menyambut baik niat gubernur DKI tersebut. Menurutnya, Islamic center akan terus berbenah sehingga bisa menjadi tempat rujukan umat Islam di DKI.

"Apa yang dikatakan Gubernur tadi bisa menjadi cambuk buat Islamic Center untuk bisa lebih baik dalam melayani umat di bulan suci Ramadhan ini dengan meningkatkan atau mengkhatamkan Alquran setiap tahunnya," katanya.

Dalam acara peringatan Nuzulul Quran yang dipusatkan di Islamic Center Jakarta Utara, tahun ini diisi dengan pengkhataman Alqur'an dalam semalam yang diikuti sekitar 10.000 jamaah se-Jakarta.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011