Cilegon (ANTARA News) - Pelabuhan milik PT Indah Kiat Pulp and Papper (IKPP) di Batu Bolong, Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten akan dijadikan kantong parkir bagi 6.000 kendaraan pribadi atau kecil pada arus mudik Lebaran 1432 H.

"Kami akan manfaatkan keberadaan Pelabuhan Indah Kiat untuk dijadikan sebagai kantong parkir bagi kendaraan yang sedang mengantre dan hendak ke Bakauheni, Lampung," kata Kapolres Cilegon, AKBP Umar Surya Fana, Selasa.

Dia menjelaskan, kantong parkir di Indah Kiat tersebut, akan dilakukan jika kantong parkir yang ada di dalam pelabuhan sudah penuh serta tidak bisa menampung kedatangan kendaraan pribadi.

"Kami akan langsung mengarahkan kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni dari Merak ke Indah Kiat," katanya menambahkan.

Selain menyediakan kantong parkir kendaraan, pihaknya juga akan menyiapkan kantong parkir di PT Blue Scope Steel (BCS) Indonesia. "Kalau di BSC, kapasitas daya tampungnya juga sama dengan Indah Kiat, 6.000 kendaraan kecil," katanya.

Pemanfaatan lahan Indah Kiat dan BCS kata Kapolres sudah disepakti bersama dengan pihak ASDP Merak, dengan maksud tidak menjadikan kawasan Merak mengalami kemacetan.

"Maksud kami semata-mata ingin semuanya berjalan lancar, dan untuk kedua lahan yang akan dijadikan kantong parkir tersebut, sudah kami bicarakan dengan pihak Indah Kiat maupun BCS," katanya. Berdasarkan pengalaman arus mudik lebaran tahun 2010, antrean kendaraan pribadi akan terjadi menjelang sore sampai pagai hari, antrean kendaraan sampai di jalan layang Cikuasa Atas, Merak dan Tol Merak.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011