Pangkalpinang (ANTARA News) - Provinsi Sulawesi Tengah meraih juara umum Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Nasional III Tahun 2011 di Pasir Padi Pangkalpinang, Bangka Belitung, pada 17 - 18 September 2011.

Tropi bergilir Menteri Pemuda dan Olahraga diserahkan Asisten Deputi Olahraga Kreasi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga pada Kemenpora, Bambang Laksono kepada atlit Sulawesi Tengah di Hotel Serata Pantai Pasir Padi, Minggu malam.

Hasil selengkapnya pertandingan empat cabang olahraga tradisional yang diikuti 630 atlit dari 32 provinsi se-Indonesia adalah juara "terompah panjang" putra diraih Jawa Barat.

Juara "egrang" putra diraih Sulawesi Selatan, sementara juara "hadang" putri diraih Sulawesi Tengah. Selanjutnya, juara "dagongan" putri diraih Kalimantan Tengah.

"Pelaksanaan perlombaan berjalan lancar dan masyarakat cukup antusias menyaksikan pertandingan pada hari terakhir ini," ujar Bambang Laksono.

Bambang mengatakan, sosialisasi pengembangan olahraga tradisional akan terus ditingkatkan agar olahraga ini kembali menjadi olahraga yang diminati masyarakat.

Kemenpora dan Kementerian Pendidikan akan menjadikan olahraga tradisional menjadi kurikulum di sekolah tingkat SD, SMP dan SMA/SMK untuk memudahkan pengembangan olahraga ke masyarakat.(*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011