"..ada beberapa pelajaran menarik yang mungkin bisa diterapkan bagi pengembangan klaster industri di Indonesia,"
Surabaya (ANTARA News) - Dosen Jurusan Teknik Industri  Universitas Surabaya (Ubaya), Gunawan PhD, meraih "Endeavour Awards 2011" dari pemerintah Australia.

"Saya mendapat penghargaan pada kategori `Post Doctoral Research Fellowship`, setelah dia bersama tim Ubaya merancang `e-business` bagi klaster industri alas kaki di Jawa Timur," katanya di kampus setempat, Jumat.

Ketika ditemui sepulang dari Australia, ia menjelaskan dirinya berada di Negeri Kangguru selama enam bulan, untuk meneliti dinamika klaster industri di negara bagian Victoria yang beribu kota di Melbourne.

"Di sana, saya meneliti bagaimana klaster industri menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung aktivitasnya," paparnya.

Oleh karena itu, ia mewawancarai para pejabat pemerintah yang mensponsori program pengembangan klaster dan sejumlah manajer klaster industri di sektor "information technology, e-learning, green IT, food co-products, poultry, engineering service, dan manufacturing".

"Hasilnya, ada beberapa pelajaran menarik yang mungkin bisa diterapkan bagi pengembangan klaster industri di Indonesia," ujarnya.

Pelajaran menarik itu antara lain kecenderungan penggunaan teknologi informasi, yaitu "enterprise 2.0" (web 2.0) dengan social networking untuk mendukung komunikasi dan kolaborasi antar-anggota klaster industri.
(E011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011