Banda Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, akan memperkenalkan konsep wisata ramah lingkungan melalui program konservasi di kawasan objek wisata Aneuk Laot.

"Pemkot Sabang berkomitmen pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata tidak mengenyampingkan upaya pelestarian lingkungan hidup," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang Yusfa Hanum.

Ia mencontohkan, salah satu konsep wisata ramah lingkungan yakni pembangunan penyediaan fasilitas pendukung pariwisata di kawasan objek wisata danau Aneuk Laot, Kota Sabang.

"Kami upayakan pembangunan fasilitasi di objek wisata Aneuk Laot itu tidak menggunakan bahan-bahan dari semen, sehingga dilokasi tersebut benar-benar terlihat asri dan menyatu dengan lingkungan yang sudah ada, dan tidak merusak keasliannya," kata dia menjelaskan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang juga optimistis kunjungan wisman ke daerah itu dari tahun ke tahun terus meningkat dimasa mendatang. Sepanjang 2011, wisaman ke Sabang rata-rata mencapai sekitar 300 orang/bulan.
(A042/M008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011