Pasuruan (ANTARA News) - Budayawan Sujiwo Tejo membuka pameran patung ruang terbuka di Pusat Kebudayaan Internasional Durensewu, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu petang.

Pameran yang akan berlangsung 22 Oktober hingga 22 November digelar 15 patung ruang terbuka karya 12 perupa dari berbagai kota di Indonesia.

Sujiwo Tejo mengatakan, pameran patung ruang terbuka sangat efektif untuk mengajak masyarakat mencintai lingkungan lewat bahasa seni rupa.

Ia mengatakan, komunikasi dengan kata-kata, sudah tidak mengenai sasaran lagi. Masyarakat sudah jenuh dengan ungkapan-ungkapan bahasa verbal.

Sujiwo Tejo juga menolak membuka pameran patung dengan memukul gong, sebaliknya ia lebih memilih meniup saxophone yang telah dibawanya.

Pemeran patung ruang terbuka juga diwarnai dengan Ritual Estetika, yakni ritual menanam Tai Cacing yang dilakukan oleh I Wayan Sujana (Suklu) bersama seorang Pemangku dari Bali di persimpangan jalan masuk Pusat Kebudayaan Internasional (ICC) Durensewu Pandaan.

Ketua Yayasan ICC Pandaan, Kim Sangki menjekaskan, ICC Gallery dibangun sebagai sebuah galeri dengan visi membuat masyarakat dunia menjadi lebih baik dan memiliki misi menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, apresiasi yang kita miliki melalui alam dan budaya.

Lewat program budaya, lanjut Kim, maka digelar pameran patung ruang terbuka dengan tema Bunga-bunga Impian : Respon Seni dan Alam. Dijelaskan, pengunjung ICC juga bisa belajar makna ruang, dan alam.

(KR-MSW/Z002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011