Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan IT asal Korea Selatan, Samsung, mengusung "Green Technology" dalam produk-produk yang dikenalkan di pameran teknologi informasi IndoComtech 2011 di Balai Sidang Jakarta.

"Produk kami mengusung teknologi yang ramah lingkungan, dengan teknologi yang dapat menyesuaikan intensitas keterangan layar sehingga listrik yang digunakan lebih kecil," ujar distributor Samsung, Eka Rosalin.

Dalam pameran tersebut, Samsung meluncurkan produk layar monitor LED tiga dimensi (3D) dengan tipe S27A950D yang dikhususkan untuk game.
     
Menurut Eka, "Green Technology" di layar monitor yang dibanderol seharga Rp6.850.000 tersebut telah mengadopsi "motion sensor" dan "light sensor".

Dengan motion sensor, layar akan mengurangi keterangan cahayanya jika tidak ada orang dan akan kembali normal jika ada orang yang mendekati monitor tersebut, kata Eka.

Selain itu, menurut dia, "light sensor" yang diadopsi juga dapat mengurangi penggunaan daya listrik dengan mengatur intensitas cahaya yang dikeluarkan monitor berdasarkan kondisi cahaya lingkungan sekitarnya.

"Selain hemat daya listrik, kedua sensor tersebut juga berfungsi untuk menyesuaikan ketajaman cahaya yang dikeluarkan layar sehingga membuat gambar lebih lembut dipandang mata," ujar Eka.

Dia menambahkan, kemampuan 3D pada monitor ini juga dapat mengkonversi gambar 2D menjadi 3D serta LED yang digunakan berbentuk asimetrik sehingga dapat dilihat dari posisi mana pun.

Bagi pembeli monitor tersebut Samsung menawarkan "cash back" Rp500 ribu serta mendapat kesempatan "Lucky Dip" yang berhadiah Samsung Netbook N100, Printer ML-1671, LED Monitor S22A100 dan Digital Camera PL-120.

Hingga Jumat siang, Samsung telah menjual 53 unit produknya.

Sementara itu sebanyak 250 perusahaan IT ikut serta dalam Indocomtech yang diselenggarakan sejak Rabu (2/11) hingga Ahad (6/11).

(SDP-12)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011