Bandarlampung (ANTARA News) - Sedikitnya 550 orang pesepeda dari Lampung mengawal 53 peserta jelajah sepeda yang menempuh rute Jakarta menuju tempat penyelenggaraan SEA Games, Palembang.

"Mereka akan mengawal pesepeda dari tim jakarta sebanyak 53 peserta jelajah sepeda yang menuju Palembang tempat penyelenggaraan Sea Games," ujar panitia lokal jelajah sepeda Jakarta-Palembang, Andi Maulana, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, jelajah sepeda Jakarta-Palembang merupakan upaya untuk menyambut SEA-Games XXVI yang digelar di Jakarta dan Palembang, 11-22 November 2011.

"Saat ini peserta jelajah sepeda Jakarta-Palembang beristirahat dan bermalam di Lampung, sekitar pukul 8.00 WIB pesepeda akan melanjutkan perjalanan menuju Palembang," kata dia.

Ia melanjutkan, rencananya Kapolda Lampung juga akan turut melepas dan bersepeda hingga Plaza Milenium Natar Lampung Selatan sebagai dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Mudah mudahan kegiatan ini dapat menjadikan awal yang baik bagi seluruh masyarakat di Lampung untuk turut menyemarakkan bersepeda agar pengaruh pemanasan global tidak semakin tinggi," ujarnya menerangkan.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng yang ikut bersepeda beberapa kilometer berharap jelajah sepeda menjadi bagian dari dukungan kepada atlet nasional yang akan berlaga di SEA Games.

"Kita berharap, ini menjadi bagian dari dukungan kita untuk atlet nasional dalam meraih juara," ujar Andi.

Tim jelajah sepeda yang terdiri dari sejumlah anggota komunitas sepeda di Jakarta, Bogor, Bandung, DI Yogyakarta, Lampung, dan Palembang ini akan sampai di kawasan Jaka Baring pada 9 November 2011.

Andi berencana menjemput tim jelajah saat finis di Jaka Baring, Lampung.

(ANT-050)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011