Cirebon (ANTARA News) - Memasuki H-1 Lebaran Idul Adha 1432 Hijriyah sejumlah kendaraan roda dua dengan ciri khas pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mulai melintas di kawasan pantai utara (pantura) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

"Menjelang satu hari Lebaran Idul Adha sejumlah perantau asal Tegal, Brebes, Pemalang, Jawa Tengah, tampak memanfaatkan untuk merayakannya dikampung halaman karena libur selama dua hari,"kata Suharyono salah seorang pemudik kendaraan roda dua asal Tegal di Cirebon, Sabtu.

Ia menyatakan, perjalanan dari Jakarta menuju Kabupaten Tegal butuh waktu kurang dari enam jam, karena selama diperjalanan tidak mengalami kemacetan, arus lalu lintas setiap kota di Pantura lancar, hanya beberapa pasar tradisional yang padat pengunjung.

Pemudik menjelang Lebaran Idul Adha jumlahnya rendah dibandingkan Lebaran Idul Fitiri, karena biasanya perantau merayakannya ditempat masing-masing, namun ada sebagian diantara mereka pulang kampung, katanya.

Ia mengaku, pemudik yang sengaja pulang kampung biasanya saat Lebaran Idul Fitri ada halangan mudik, kesempatan Idul Adha dimanfaatkan hanya bersilaturrahim dengan keluarga sekalian hiburan karena dua hari libur kerja.

Sementara itu Nano salah seorang pemudik roda dua lain menuturkan, Lebaran Idul Adha perantau mudik biasanya selain merayakannya dikampung halaman, sengaja datang untuk menemui kelurga yang mengadakan hajatan perkawinan dan sunatan.

"Awal dan setelah Lebaran Idul Adha sudah tradisi masyarakat Pantura Jawa Tengah mengadakan hajatan pernikahan dan sunat sehingga keluarga yang merantau terpaksa pulang kampung,"katanya.

Ia mengemukakan, merayakan Lebaran Idul Adha di kampung halaman sendiri terasa nyaman dan bisa bertemu dengan keluarga setelah beberapa bulan mencari penghasilan di Jakarta yang membosankan karena padatnya jumlah penduduk.

"Mudik memanfaatkan kesempatan Lebaran Idul Adha bisa menghibur diri, perjalanan jauh dari Jakarta hingga Jawa Tengah menyenangkan karena selama di jalan terhindar dari kepadatan kendaraan,"katanya.

Mudik Lebaran Idul Adha jumlahnya terbatas, kata Aceng, pedagang di jalan Ahmad Yani Kota Cirebon, dikatakannya sejak pagi iring-iringan kendaraan roda dua dari arah Jakarta tujuan Jawa Tengah melintasi Pantura, namun arus lalu lintas lancar seperti hari biasa.

Berdasarkan pengalaman Lebaran Idul Adha tahun sebelumnya, pemudik roda dua dan kendaraan pribadi yang melintas mulai ramai sejak sore hingga malam hari, diperkirakan mereka akan padat di Pantura setelah Maghrib.
(T.ANT-061/Y003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011