Jakarta (ANTARA News) - Legendaris bulutangkis nasional Rudy Hartono mengimbau agar atlet bulutangkis Indonesia tidak cepat puas diri, walau mampu melebihi target meraih lima medali emas di SEA Games XXVI Jakarta, 11-22 November 2011.

"Sukses di SEA Games XXVI dapat dijadikan pelajaran berharga menuju Olimpiade di London tahun 2012 mendatang. Karena semua atlet yang tampil di multi event empat tahunan dunia itu juga mengejar medali emas bagi negaranya," ujar Rudy Hartono di Jakarta, Kamis.

Rudy melanjutkan, tampil di Olimpiade membutuhkan kerja ekstra keras dalam persiapan. Dengan jangka waktu satu tahun kedepan rasanya kurang untuk menoreh tinta emas bagi Merah-Putih.

Perjalanan yang bagus menuju Olimpiade membutuhkan waktu sekitar empat tahun tampil dan meraih sukses diberbagai event internasional. Semua itu sudah dipantau mulai dari perjalanan Susi Susanti, Rexy Mainkay dan Ricky Subagja, begitu juga dengan Markis Kido dan Hendra Setiawan.

Menyimak perjalanan atlet junior yang mengukir sukses di SEA Games XXVI Jakarta, ia rasakan kurang. Saat tampil di pertandingan, melaju ke partai semifinal hingga ke final memerlukan perjuangan cukup berat.

Kondisi seperti itu harus ditangani dari jauh hari. Dengan harapan, Indonesia mampu mempertahankan tradisi meraih medali emas di Olimpiade. Sedang atlet dari cabang lainnya, masih sulit untuk menyumbang medali emas bagi Merah-Putih. Seperti halnya angkat besi dan panahan yang sudah lolos prakualifikasi.

"Atlet cabang lain terutama terukur bisa menjanjikan meraih medali emas bagi kontingen Indonesia di Olimpiade, dengan catatan peringkatnya sudah masuk dalam jajaran sepuluh besar dunia. Namun kalau tidak jangan harap menyuguhkan medali emas bagi kontingen Indonesia,"paparnya.

Cabang yang masih mempunyai peluang menyuguhkan medali di Olimpiade masih tertumpu pada bulutangkis. Dengan catatan sisa waktu kedepan dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam menggapai prestasi puncak diberbagai event internasional.

Strategi seperti itu harus ditempuh melalui perjuangan ekstra keras. Dengan harapan, tim bulutangkis memberikan harapan mengukir medali emas bagi kontingen Indonesia di London tahun 2012 nantinya. (ANT-131/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011