Beijing (ANTARA News) - Presiden China Hu Jintao, Selasa, mengunjungi Kedutaan Besar Korea Utara di Beijing untuk menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya Kim Jong-Il, kata kantor berita resmi Xinhua.

China adalah sekutu terdekat Korea Utara. Beberapa jam setelah pengumuman wafatnya Kim pada Senin (19/12), Beijing mengatakan akan bekerja sama dengan Pyongyang untuk menjamin "perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan kawasan."

"Kami percaya rakyat DPRK pasti akan mampu mengubah kesedihan mereka menjadi kekuatan dan tetap bersatu menjadi satu untuk terus mendorong alasan sosialis DPRK," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Kunjungan Hu itu dilakukan setelah Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi bertemu dengan kuasa usaha Korea Utara Pak Myong Ho di Beijing Senin malam, menurut sebuah laporan Xinhua sebelumnya.

Yang menyampaikan ucapan belasungkawa dan dukungannya kepada putra Kim Jong-il, Kim Jong Un, menurut Xinhua.

Jalan-jalan di luar kedutaan besar diblokir dari mobil dan sepeda pada Selasa pagi.

Para pejalan kaki yang diperbolehkan di daerah berpembatas adalah warga Korea Utara yang membawa buket bunga krisan putih yang dibungkus dengan plastik bening.

Polisi mengatakan kepada seorang wartawan AFP di lokasi bahwa kedutaan besar akan tetap tutup bagi warga non-Korea Utara selama setidaknya satu hari.

(SYS/G003/H-AK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011