Kuala Lumpur (ANTARA News) - Maskapai Malaysia Airlines Jumat pekan lalu telah mengumumkan akan menutup empat rute penerbangan ke  Asia atau seminggu setelah mengumumkan penangguhan sejumlah destinasi globalnya dalam upaya meraih lagi keuntungan.

Maskapai yang beberapa tahun belakangan berjuang keluar dari masa kelabu, mengumumkan satu rancangan bisnis pekan lalu berisi upayanya untuk menjadi maskapai menguntungkan pada  2013 yang diantaranya termasuk pengurangan destinasi namun tak menyebutkan rute yang dikurangi itu.

Perusahaan penerbangan Malaysia itu telah menunda operasi rute Kota Kinabalu ke Osaka dan Haneda di Jepang, serta ke Perth dan Seoul.

Maskapai ini menyatakan penangguhan tersebut akan efektif antara Januari dan Februari tahun depan.

"Penangguhan ini sampai pemberitahuan lebih lanjut dan ini adalah bagian dari konsolidasi jaringan regional kami dengan melibatkan operasi penerbangan tunggal," kata Ahmad Jauhari Yahya, CEO Malaysia Airlines, seperti dikutip AFP.

Pekan lalu maskapai ini mengumumkan bahwa rute-rute ke Roma, Johannesburg, Cape Town, Buenos Aires, Karachi, Dubai, kota Dammam di Saudi Arabia, dan Surabaya akan dihentikan Januari depan.

Rencananya maskapai ini akan memusatkan perhatian ke destinasi-destinasi utama di Asia yang prospek bisnisnya bagus.

Pada kuartal ketiga tahun ini, maskapai tersebut merugi untuk ketiga kali secara berturut-turut sebagai dampak dari naiknya BBM dan meningkatknya kompetisi.(*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011