Merak (ANTARA News) - Lintasan penyeberangan kapal roll on roll off (roro) di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten masih aman, meskipun ketinggian gelombang di Selat sunda mencapai 1,5 meter.

"Hari ini kapal yang beroperasi 23 unit, dan melihat kondisi gelombang yang ada cukup aman bagi penyeberangan kapal roro yang melintas ke Bakauheni, Lampung dari Merak," kata Pelaksana harian (Plh) Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Didi Juliansyah, Senin.

Dia menjelaskan, selama hampir satu pekan ini kondisi dan cuaca di Selat Sunda relatif aman bagi penyeberangan kapal roro."Sejauh ini tidak ada keluhan dari nahkoda kapal," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Serang, memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Banten Utara pada Senin malam sampai Rabu berkisar 0,6 meter sampai 1,5 meter dengan tiupan angin rata-rata 23 kilometer per jam.

Koordinator Unit Analis Cuaca BMKG Serang, Halim Perdanakusumah, menyebutkan, diprakirakan dua hari mendatang tinggi gelombang laut perairan Banten atau Selat Sunda bagian Utara mencapai 1,5 meter.

Tiupan angin berkecepatan berkisar tiga sampai 12 knot dan angin bergerak dari arah barat laut. Gelombang bergerak dari arah barat dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer.

Cuaca laut di perairan Banten Utara berawan berpeluang hujan ringan dan sedang terjadi malam hari. Sedangkan, suhu udara minimal 23 derajat dan maksimal 31 derajat Celcius dengan kelembaban antara 67 sampai 95 persen.

Menurutnya, selama ini cuaca laut di Perairan Banten Utara meliputi pesisir Pantai Ciwandan, Karangantu, Pulorida, Ciwandan, Bojonegoro, Merak dan Anyer tidak membahayakan bagi nelayan maupun pelaku pelayaran.
(ANT-152/D009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011