Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjadikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 40 Kecamatan Sungai Raya sebagai sekolah sehat percontohan.

"Dari hasil kunjungan ke SDN 40 Sungai Raya yang berada di Jalan Merdeka II Desa Limbung Kubu Raya, kami meninjau ruangan kelas, melihat kondisi fisik bangunan, ruangan, dan taman yang ditanami para siswa SD tersebut," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Minggu.

Ia melanjutkan, selain mengecek ruangan kelas, juga melihat kondisi tiga kamar kecil yang berada di sekolah tersebut. Menurut Bupati Muda Mahendrawan, beberapa ruang kelas dan kamar kecil yang dikunjunginya tampak bersih dan bebas dari sampah.

Muda berharap sekolah yang ada di Kubu Raya dapat mencontoh SDN 40 karena muridnya tidak hanya sekadar menerima pelajaran, tetapi gurunya juga menanamkan hidup bersih di lingkungan sekolah.

"Saya bangga melihat kondisi sekolah ini. Dan, yang pertama dilihat adalah kamar kecil karena dengan menunjukkan bersih menanamkan karakter kepada anak-anak untuk hidup bersih," kata Muda.

Menurut Muda, kebersihan suatu sekolah satu di antaranya dapat dilihat dari lingkungan serta kondisi kamar kecil.

"Apabila tidak diurus kamar kecilnya secara baik, maka siswa akan terbiasa dengan lingkungan kotor. Supaya bertanggung jawab salah satunya bentuk secara tidak langsung menanakan budaya bersih dan sehat dengan mulai menanamkan kondisi ruangan bersih kepada siswa," katanya.

Sementara itu, Kepala SDN 40 Sungai Raya, Dwi Astuti, mengatakan, dalam menerapkan lingkungan dan sekolah sehat, setiap harinya siswa diajarkan untuk melaksanakan piket kebersihan dan menyiram kamar kecil setelah digunakan.

"Setiap hari kami minta guru piket membersihkan dan mengajarkan anak-anak setiap buang air kecil untuk membiasakan disiram sehingga murid-murid terbiasa untuk hidup bersih," katanya. (T011/Z002)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2012