Jakarta (ANTARA) - Atalian Global Services Indonesia, perusahaan penyedia manajemen fasilitas di Indonesia berkolaborasi dengan Cibis Park dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan menyelenggarakan kegiatan "Ayo Donor Darah" dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh setiap 14 Juni.

Kegiatan berlangsung di kompleks perkantoran Cibis Park, Jakarta Selatan selama dua hari yakni pada 9 dan 10 Juni 2022. Kegiatan berhasil mengumpulkan 192 kantong darah.

"Di DKI Jakarta, kami memerlukan 1.200 kantong darah setiap harinya, untuk kemudian didistribusikan ke 190 rumah-rumah sakit. Kegiatan ini sangatlah melengkapi kebutuhan harian kantong darah di Provinsi DKI Jakarta," kata Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi dalam keterangan pers pada Rabu.

Baca juga: Jakpro gelar donor darah bersama karyawan

Dia menyampaikan apresiasinya kepada semua pahlawan kemanusiaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Menambahkan dukungan kepada kegiatan donor darah ini, Walikota Jakarta Selatan Munjirin, menambahkan bahwa dengan situasi yang sudah membaik dan masyarakat sudah terbiasa menjalankan protokol kesehatan, pihaknya ingin mendorong masyarakat agar tidak perlu khawatir ataupun takut untuk berinteraksi fisik khususnya dengan staf medis, saat ingin mendonorkan darahnya.

Pada kesempatan yang sama, Chief Executive Officer of Atalian Global Services Indonesia, Jeffry Johary, mengatakan akan menjadikan kegiatan tersebut sebagai sebuah kegiatan rutin. "Kami berencana untuk menjadikan kegiatan donor darah ini sebagai kegiatan rutin, dan kami nantikan kolaborasi dengan pihak-pihak lain guna mendukung masyarakat di sekitar kita," kata Jeffry Johary.

Di Indonesia, transfusi darah terjadi setiap 8 detik, di mana terdapat lebih dari 12,3 juta kantong darah diperlukan selama tahun 2020. Jumlah ini terus bertambah setiap tahun, dan situasi pandemi COVID-19 kian mempersulit terpenuhinya kebutuhan kantong darah.

Baca juga: Ratusan ASN Jaksel antusias peringati Hari Donor Darah Sedunia

Baca juga: RSUP: Peran donor darah penting untuk sistem kesehatan nasional

Baca juga: Ragam transformasi sambut Hari Donor Darah


 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022