Karawang (ANTARA News) - Kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta keluar dari gerbang Tol Karawang Timur dan Karawang Barat hingga memadati jalan arteri Karawang-Bekasi, Jumat, menyusul pemblokiran jalan tol oleh para buruh yang berunjukrasa.

ANTARA memantau, selepas gerbang tol Karawang Timur cukup banyak kendaraan yang keluar dari gerbang tol itu, hingga meramaikan arus lalu lintas dari jalan arteri selepas gerbang tol Karawang Timur sampai ke pertigaan gerbang tol Karawang Timur.

Selepas pertigaan gerbang tol Karawang Timur atau memasuki jalan arteri Karawang, arus lalu lintas mulai padat. Sebab terjadi pertemuan arus antara kendaraan dari jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan kendaraan yang melintasi jalan arteri Karawang.

Kemudian, kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Karawang Timur itu melintasi jalan arteri Karawang-Bekasi. Tetapi, arus lalu lintas di sepanjang jalan arteri Karawang beberapa kali tersendat akibat banyaknya angkutan umum yang "mengetem" sembarangan, seperti di depan terminal Klari, terminal Tanjungpura, dan lain-lain.

Sementara itu, aksi pemblokiran jalan tol Cibitung oleh ribuan buruh di Bekasi juga mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas menuju dan selepas gerbang Tol Karawang Barat.

Arus lalu lintas di daerah itu padat, karena banyak kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta keluar di gerbang Tol Karawang Barat, selanjutnya melintasi jalan arteri Karawang-Bekasi.

Ribuan buruh di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat, menerobos masuk ke jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Mereka memblokir jalan Tol Jakarta Cikampek sebagai aksi lanjutan meluapkan kekecewaan atas keputusan PTUN Bandung yang memenangkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi atas SK Gubernur Jawa Barat No.561/Kep.1540-Bansos/2011 tentang UMK Bekasi.

(KR-MAK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012