Bandung (ANTARA) -
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono turut berbelasungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PAN-RB) Tjahjo Kumolo.
 
"Atas nama pribadi dan PDI Perjuangan Jawa Barat saya berbelasungkawa atas berpulangnya Pak Tjahjo. Bukan hanya PDI Perjuangan yang merasa kehilangan tapi juga bangsa dan negara ini," kata Ono kepada wartawan di Bandung, Jumat.
 
Tjahjo yang merupakan politisi senior PDI Perjuangan ini berpulang ke rahmatullah pada hari ini di Rumah Sakit Abdi Waluyu, Jakarta sekitar pukul 11.10 WIB karena sakit.

Baca juga: Kader PDI Perjuangan sangat kehilangan atas meninggalnya Tjahjo Kumolo
 
Ono mengungkapkan semasa hidupnya sebagai sosok yang baik dan tekun bekerja demi kesejahteraan rakyat. Kontribusinya sangat terasa bagi rakyat Indonesia.
 
"Saya mengenal Pak Tjahjo sebagai orang yang baik dan beliau adalah kader PDI Perjuangan yang telah berkontribusi untuk negara dan bangsa. Insya Allah kenangan bersama beliau tetap hidup dalam hati kami dan juga rakyat Indonesia. Semoga husnul khotimah," katanya.
 
Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah. Ia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019.

Baca juga: Menteri Agama mengaku banyak belajar dari Tjahjo Kumolo
 
Kariernya di PDI Perjuangan dimulai sebagai direktur SDM Litbang tahun 1999 hingga 2002.
 
Dia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009-2014 dari PDIP dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I.
 
Tjahjo kemudian menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Baca juga: Polda Metro beri pengawalan iring-iringan jenazah Tjahjo Kumolo
 
Kariernya di PDI Perjuangan juga cukup moncer. Secara mengejutkan, Tjahjo dipilih oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan periode 2010-2015.
 
Pada 2014, Presiden Jokowi meminta Tjahjo membantunya sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Kerja 2014-2019.
 
Terakhir, Tjahjo menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022