Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 90 orang mengikuti donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara di lantai dua Kelurahan Ancol, Pademangan.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB pagi hingga Rabu petang.

Wakil Sekretaris PMI Jakarta Utara, Syarif Hidayatullah mengatakan, target kegiatan itu sebetulnya 100 orang warga sekitar lokasi bisa menjadi relawan donor darah agar memangkas kekurangan stok kantong darah di wilayah pesisir Jakarta.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tema 'Setetes Darah Sejuta Manfaat' yang dihadiri oleh Lurah Ancol Rusmin," kata Syarif.

Syarif mengungkapkan, sebenarnya kebutuhan stok darah di PMI DKI Jakarta itu 4.000 kantong per hari. "Artinya memang masih sangat minim darah yang didapat dari kegiatan PMI Jakut hari ini,” ujar Syarif.

Padahal donor darah yang diselenggarakan berkolaborasi dengan PT Indonesia Power Priok Power Generation, Operation and Maintenance Services Unit (POMU) itu juga dibuka bagi warga yang berada di luar Kelurahan Ancol.

Syarif bertekad untuk kembali membuka seluas-luasnya kerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat agar jumlah ketersediaan kantong darah bertambah, dengan cara menjemput bola ke wilayah Jakarta Utara lainnya.

“Hari ini PMI membuka kerja sama seluas-luasnya, buat seluruh komponen masyarakat, baik itu pemda dan swasta maupun semua komunitas lainnya ketika mereka mengadakan donor darah kita akan jemput bola,” kata Syarif.
Baca juga: PMI fokus isu COVID-19 dan perubahan iklim
Baca juga: PMI terapkan azas netral saat bantu korban konflik Rusia-Ukraina

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022