Kondisi ini diperkuat dengan tersedianya pasokan yang cukup
Bandung (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Selasa, mengunjungi Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, untuk memantau harga dan pasokan kebutuhan bahan pokok di kota itu.

Menurut pantauan Mendag, harga beberapa bahan kebutuhan pokok di Pasar Kosambi masih relatif stabil hingga minggu ketiga bulan puasa.

"Kondisi ini diperkuat dengan tersedianya pasokan yang cukup, terutama untuk komoditas bahan pokok seperti telur ayam, daging ayam, cabe merah, dan bawang merah, hingga lebaran nanti,” kata Mendag.

Setelah mengunjungi beberapa kios bahan kebutuhan pokok, Mendag mendapati bahwa harga telur ayam ras di pasar tersebut sekitar Rp16.000/kg. “Harga ini lebih rendah dibanding harga rata-rata telur ayam ras di tingkat nasional yaitu Rp18.800/kg,” jelasnya.

Menurut Mendag, hal yang sama juga terjadi untuk gula pasir dan minyak goreng curah, yang harganya masing-masing Rp12.500/kg dan Rp10.600/kg, di bawah rata-rata nasional.

Mendag menegaskan akan terus memantau kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Lebaran.

“Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait baik di pusat dan daerah, para pelaku usaha, serta asosiasi-asosiasi terkait untuk memastikan pasokan bahan kebutuhan pokok dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat lebaran,” ujarnya.

Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Gunaryo, menambahkan bahwa Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan di daerah, serta para pelaku usaha, akan terus menggelar pasar murah selama bulan puasa di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Serangkaian kegiatan Pasar Murah ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebelum berkunjung ke Pasar Kosambi, Gita Wirjawan juga telah secara intensif memantau harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di berbagai pasar di Jakarta dan sekitarnya, serta beberapa daerah lainnya.

Berikut harga bahan kebutuhan pokok pada tingkat nasional pada minggu pertama Agustus 2012 dibanding minggu sebelumnya, menurut data Kemendag:
  • Cabe merah keriting turun 10,40% menjadi Rp24.090/kg
  • Cabe merah biasa turun 8,57% menjadi Rp23.229/kg
  • Bawang merah turun 4,13% menjadi Rp13.716/kg
  • Daging ayam ras turun 3,90% menjadi Rp27.146/kg
  • Telur ayam ras turun 1,85% menjadi Rp19.116/kg
  • Gula pasir sebesar turun 0,46% menjadi Rp12.860/kg
  • Telur ayam kampung turun 0,06% menjadi Rp37.362/kg
  • Kedelai lokal naik 3,47% menjadi Rp9.696/kg
  • Kedelai impor naik 2,54% menjadi Rp9.059/kg.

Sementara harga beras, minyak goreng curah dan kemasan, daging sapi, serta tepung terigu cukup stabil.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012