Bandung (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menuturkan harga daging ayam akan turun kembali setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2012, indikasi tersebut terlihat dari kestabilan harganya saat ini yang berkisar Rp27 ribu per kilogram.

"Mungkin setelah Lebaran harga daging ayam di pasar akan turun secara signifikan," kata Gita Wiryawan usai memantau harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Ia menuturkan, penurunan harga daging ayam tersebut juga dikarenakan oleh melimpahnya produksi ayam di dalam negeri pada tahun ini yang mencapai dua miliar ekor.

Jumlah tersebut, kata Gita, lebih tinggi apabila dibandingkan produksi ayam tahun 2011 yang hanya mencapai 1,5 miliar ekor.

"Memang produksi tahun ini melimpah. Tentunya Kami juga berupaya menjaga kestabilan harga dengan cara melakukan komunikasi dengan para pemasok baik dari Jawa atau pun luar Pulau Jawa," katanya.

Kedatangan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan tiba-tiba ke Pasar Kosambi, Kota Bandung, sempat membuat terkejut para pedagang.

"Kaget aja dan saya tidak menyangka Menteri meninjau langsung ke pasar. Seharusnya semua pejabat seperti ini," kata salah seorang pedagang daging ayam di pasar tersebut, Asep Supriatna.

Mendag aktif meninjau langsung harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di sejumlah daerah menjelang Lebaran tahun ini.

(KR-ASJ/Y003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012