AsiaNet 51297

TOKYO, 9 November (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

- ACCESS, yang Semakin Memperluas Penggunaan EPUB, Menyediakan Platform Penerbitan Digital yang Mendukung EPUB 3 untuk Grup Telkom -

     ACCESS CO., LTD., penyedia solusi perangkat lunak canggih global untuk pasar mobile, di luar-PC dan TV digital, mengumumkan pada tanggal 9 November bahwa mereka telah mengembangkan dan saat ini menyediakan "QBaca," sebuah platform layanan eBook, untuk PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yang komprehensif. QBaca, yang didasarkan pada Ekosistem ACCESS (TM) Digital Publishing, solusi penerbitan digital pendukung format EPUB (R) 3, adalah eBook Telkom pertama dan layanan eBook pertama di Indonesia yang mendukung EPUB. QBaca tersedia pada smartphone Android dan tablet di Indonesia mulai 9 November dan akan tersedia pada perangkat iOS pada akhir tahun ini.

     (Photo: http://prw.kyodonews.jp/opn/release/201211078146/)

     Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat portabel dan internet telah meningkat drastis di Indonesia. Akibatnya, permintaan akan layanan elektronik yang dapat mendukung perangkat multimedia seperti smartphone diperkirakan akan meningkat. Telkom, dengan anak perusahaannya, Telkomsel, operator telepon seluler terbesar di Indonesia, memiliki lebih dari 120 juta pelanggan ponsel. Telkom memandang ini sebagai peluang positif untuk tren pasar, dan menganggap perluasan layanan konten elektronik sebagai salah satu pilar dari strategi bisnisnya. Sebagai salah satu segi dari hal ini, Telkom telah meluncurkan eBook store pertama di Indonesia yang mendukung EPUB 3, versi terbaru dari standar eBook dipromosikan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF), yang meningkat kepopulerannya di seluruh dunia.

     "Saat ini berbagai standar eBook EPUB, yang merupakan standar global untuk eBook, adalah format yang sangat baik karena upgrade-nya. Kami telah mampu untuk segera meluncurkan layanan eBook yang mendukung EPUB 3 di Indonesia melalui teknis kekuatan ACCESS  dan keahlian di bidang penerbitan elektronik," kata Achmad Sugiarto, Executive General Manager Divisi Multimedia untuk Telkom. "ACCESS adalah pemimpin global di bidang teknologi untuk perangkat lunak dan merupakan mitra yang kuat untuk pengembangan bisnis Telkom."
    
     ACCESS Digital Publishing Ecosystem, platform penerbitan digital yang dikembangkan dan disediakan oleh ACCESS, menyediakan dukungan komprehensif dari terminal ke sistem server, termasuk pemirsa eBook, distribusi konten, sistem distribusi iklan, sistem manajemen penjualan dan banyak lagi. ACCESS Digital Publishing Ecosystem, yang dirilis tahun lalu, telah diadopsi oleh penerbit besar di Jepang dan negara-negara lain seperti Korea, Amerika Serikat, dan Brasil.   

     "Kami merasa terhormat untuk mulai menawarkan solusi penerbitan elektronik ACCESS yang mendukung EPUB 3 di Indonesia. Grup Telkom dan ACCESS telah terlibat dalam pengembangan bersama untuk bisnis iklan mobile," kata Nobuya Murofushi, Presiden dan CEO, ACCESS. "Kami berharap bahwa ketentuan teknologi baru ini lebih lanjut akan mendorong kemitraan kami, dan juga akan membawa efek sinergis untuk bisnis secara keseluruhan dari kedua perusahaan. Ke depan, ACCESS akan mendukung penyediaan layanan inovatif oleh Telkom Group."

     Tahun lalu, ACCESS juga merilis NetFtront (TM) BookReader v1.0 EPUB Edition, tampilan eBook yang kompatibel dengan EPUB 3 untuk smartphone dan tablet. Tampilan ini, yang sesuai dengan versi terbaru dari EPUB 3 selain EPUB 2.0.1, memiliki kemampuan sesuai untuk menampilkan tulisan vertikal - yang tidak mungkin dilakukan dengan format EPUB tradisional - termasuk bahasa Jepang. Tampilan ini didasarkan pada mesin browser WebKit dan juga pendukung HTML5, yang memungkinkan untuk mereproduksi konten eBook seperti novel, komik, majalah, dan sebagainya dengan beragam generasi konten online cemerlang pada perangkat seperti smartphone. Tekonolgi tampilan EPUB 3 juga dipasang di Platform Referensi Readium EPUB 3, tampilan EPUB 3 IDPF, dan dibuat sebagai standar industri de facto. Ini telah diadopsi oleh pedagang eBook utama dan penerbit di Jepang, dan juga telah ditawarkan secara komersial sejak musim panas ini.

     QBaca adalah layanan eBook yang mendukung EPUB 3 dan ditawarkan sebagai aplikasi eBook store-tipe untuk end-user. Hal ini didasarkan pada Ekosistem ACCESS Digital Publishing, sementara tampilan ini dilengkapi dengan NetFtront (TM) BookReader v1.0 EPUB Edition. Isi eBook terutama mencakup novel yang diterbitkan oleh tiga penerbit besar di Indonesia. QBaca mencakup fitur penampil yang mendukung EPUB 3 dan HTML5, serta fungsi untuk mencari dan system pencarian buku. Fungsi pencarian memungkinkan untuk mencari data, termasuk dengan judul atau penulis. Dengan cara ini, pengguna dapat mencari dan menampilkan buku-buku yang mereka sukai hanya dengan satu sentuhan. Selain itu, fungsi pencari buku untuk mengelola pengelola buku individu pada jaringan yang memungkinkan untuk mencari dan menampilkan buku dan disimpan dalam mesin pencari buku individu sesuai dengan urutan di mana mereka membaca atau dibeli, atau urutan seri. QBaca menawarkan konten gratis dan berbayar, ditambah konten premium dengan iklan. Distribusi iklan sistem, yang dikembangkan bersama dengan kelompok Telkom, didasarkan pada NetAd, layanan iklan mobile ACCESS.

     Untuk informasi lengkap mengenai ACCESS Digital Publishing Ecosystem dan NetFrontBookReader EPUB Edition, harap kunjungi http://gl.access-company.com/products/dpub/.

     Komitmen ACCESS untuk memperluas EPUB
     Sebagai sebuah perusahaan anggota IDPF, ACCESS berupaya untuk berkontribusi pada pembentukan dan penggunaan luas EPUB. Pada tanggal 4 Juli 2012, ACCESS dimodifikasi dan ditetapkan sebagai bagian dari mesin inti dari NetFrontBookReader EPUB Edition -- tampilan EPUB 3- untuk versi Macintosh dari Platform 3 Referensi ReadiumEPUB.

     Untuk lebih detail, harap kunjungi rilis berita ACCESS : http://gl.access-company.com/news_event/archives/2012/120712-2/, http://gl.access-company.com/news_event/archives/2012/120712-3/.

     Untuk informasi lebih lanjut tentang IDPF, harap kunjungi  http://idpf.org/.
 
     Tentang PT Telkom Indonesia
     PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. adalah Badan Usaha Milik Negara ("BUMN") dan telekomunikasi terbesar dan jaringan penyedia layanan di Indonesia. Dengan melayani jutaan pelanggan nasional, ia memiliki portofolio kuat dari layanan informasi dan komunikasi, termasuk telepon wireline dan nirkabel tetap, seluler, data dan internet, serta jaringan dan layanan interkoneksi, secara langsung atau melalui anak perusahaan kami.

     Pemerintah adalah pemegang saham mayoritas TELKOM dan saham sisanya dimiliki oleh publik. Sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia ("BEI"), New York Stock Exchange ("NYSE"), London Stock Exchange ("LSE") dan Tokyo Stock Exchange (tanpa listing).

     Tentang ACCESS
     ACCESS CO., LTD. adalah penyedia solusi perangkat lunak canggih global dan layanan yang memungkinkan operator, produsen perangkat, pemilik konten dan konsumen memanfaatkan dunia multi-layar yang terhubung saat ini. Menyediakan perangkat lunak untuk ponsel, smartphone dan tablet, TV yang tersambung dan set-top box dalam penerbitan, rumah otomotif yang tersambung, pasar digital dan jaringan. Solusi ACCESS telah dikirim dalam lebih dari satu miliar perangkat di seluruh dunia. Portofolio produk termasuk NetFront (TM) Software Series dan platform jaringan ZebOS (R) yangmemberi pelanggan waktu pemasaran yang cepat, fleksibilitas, dan dapat disesuaikan, ACCESS (TM) Digital Publishing Ekosistem untuk penerbitan digital platform digital berbasis cloud dan platform periklanan NetAd mobile. Berkantor pusat di Tokyo, Jepang, perusahaan ini terdaftar di Bursa Saham Tokyo (Indeks Mothers, 4813) dan mengoperasikan anak perusahaan dan afiliasi di Asia, Eropa dan Amerika Serikat. www.access-company.com.

     (C) 2012 ACCESS CO., LTD. All rights reserved.

     ACCESS, logo ACCESS, dan NetFront adalah merek dagang terdaftar atau merek dagang dari ACCESS CO, LTD. di Amerika Serikat, Jepang dan/atau negara lain. ZebOS adalah merek dagang terdaftar atau merek dagang Inc Infusion IP di Amerika Serikat dan/atau negara lain. EPUB adalah merek dagang terdaftar dari Forum Penerbitan Internasional Digital di Amerika Serikat dan/atau negara lain. Semua merek dagang lainnya, logo dan nama dagang yang disebutkan dalam dokumen adalah milik perusahaannya masing-masing.

     Kontak:
     Head Office (Japan)
     ACCESS CO., LTD.
     Miyuki Hanzawa
     Tel: +81-43-212-2230
     prinfo-gr@access.co.jp

     U.S.
     Herrick Media
     Ursula Herrick
     Tel: +1-408-202-0865
     ursula@herrickmedia.com

     Eropa
     David Bramley
     Tel: +44-20-7486-4900
     david@platformpr.com

     China
     Mike Qin
     Tel: +86-10-8417-0824
     zhen.qin@access-company.com

     SUMBER: ACCESS CO., LTD.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012