Ini digunakan untuk menyelamatkan hidup atau setidaknya memperpanjang harapan hidup
Jakarta (ANTARA News) - Bintang pop Rihanna mendonasikan uangnya sebanyak 1,75 juta dolar AS untuk sebuah rumah sakit di Babados demi mengenang sang nenek.

Hadiah tersebut, kata penyanyi berusia 24 tahun itu, yang akan digunakan untuk membeli peralatan medis, merupakan caranya untuk "berterima kasih pada Barbados".

"Saya yakin (pemberian) akan memberi dampak besar pada orang-orang Barbados. Ini digunakan untuk menyelamatkan hidup atau setidaknya memperpanjang harapan hidup," kata Rihanna, seperti yang dikutip dari BBC.

Rihanna memberikan donasi demi mengenang sang nenek, Clara "Dolly" Braithwaite, meninggal bulan Juni lalu setelah berjuang melawan kanker.

Unit radioterapi RS tersebut pun dinamai sesuai dengan nama nenek Rihanna, Clara Braithwaite Center for Oncology and Nuclear Medicine.

Rihanna, yang nama aslinya Robyn Fenty, memberikan pengumuman itu saat kunjungannya ke rumah sakit akhir pekan. Ia ditemani ibunya, Monica, dan kakeknya, Lionel Braithwaite.

Rihanna sangat dekat dengan mendiang neneknya. I abhkan memutuskan unutk mengambil libur sejenak dari tur festival di Eropa bulan Juni lalu demi menghabiskan waktu bersama sang nenek di rumah sakit.

Ketika sang nenek meninggal pada 30 Juni, ia berkicau di Twitter "hatiku tersenyum dan menangis di saat yang  bersamaan", sambil mengunggah beberapa foto saat mereka bersama.

Rihanna yang lahir dan besar di Barbados, merupakan salah satu penyanyi wanita tersukses di dunia. Setelah debutnya pada 2005, tiap tahu ia merilis labum, kecuali pada 2008.

Album terbarunya, "Unapologetic", menjadi album pertamanya yang menduduki posisi puncak di Amerika Serikat, dengan single "Diamonds".

Pekan lalu, majalah Forbes, menobatkannya sebagai wanita berpenghasilan terbesar ketiga di industri musik, setelah menghasilkan 53 juta dolar di tahun 2012.
(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012