Jika mereka yang berkuasa memiliki jiwa pengecut dan kelancangan untuk membunuh bayi dua gajah...maka saya telah memutuskan untuk meminta kewarganegaraan Rusia.
Moskow (ANTARA News) - Aktris Prancis Brigitte Bardot mengancam untuk mengikuti rekannya Gerard Depardieu dan mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia meskipun untuk alasan yang berbeda.

Aktris terkenal dan aktivis hak hewan, 77 tahun Bardot mengatakan bahwa ia harus menjadi warga Rusia jika pihak berwenang Prancis tidak mencabut rencana mereka untuk mengenyahkan dua gajah sakit di satu kebun binatang di Lyon.

"Jika mereka yang berkuasa memiliki jiwa pengecut dan kelancangan untuk membunuh bayi dua gajah Baby dan Nepal meskipun semua proposal yang dibuat oleh Yayasan saya, maka saya telah memutuskan untuk meminta kewarganegaraan Rusia guna menghindari negeri ini yang telah menjadi bukan apa-apa kecuali satu kuburan hewan," kata Bardot dalam satu pernyataan tertulis dalam bahasa Prancis dan disiarkan di situs web yayasan hak hewannya pada Jumat.

Dua gajah itu telah menderita TBC, dan pemerintah kota telah bersikeras bahwa mereka harus "ditidurkan" karena mereka menimbulkan ancaman bagi hewan lain di kebun binatang dan pengunjung.

Didukung oleh Bardot, kampanye publik mendesak untuk menyelamatkan gajah telah mengumpulkan ribuan tanda tangan.

Pernyataan Bardot ini terjadi sehari setelah Kremlin mengumumkan keputusan untuk memberikan paspor Rusia kepada Depardieu aktor Prancis, yang baru saja meninggalkan kewarganegaraan Prancis setelah pemerintah Sosialis mengusulkan tarif pajak penghasilan 75 persen pada tingkat kekayaan penduduk.

Sebagai perbandingan, Rusia memiliki perbandingan, Rusia memiliki tarif pajak tetap sebesar 13 persen.
(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013