Yang benar itu, airnya meluap. Bukan tanggulnya jebol."
Bekasi (ANTARA News) - Komando Distrik Militer 0507 Bekasi, Jawa Barat, menepis adanya kabar peristiwa tanggul jebol di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, akibat luapan Sungai Citarum.

"Tidak benar kalau ada pemberitaan yang menyatakan terjadi banjir parah di Kecamatan Cabangbungin akibat tanggul jebol. Saya sudah cek ke lapangan untuk pastikan hal itu," ujar Dandim 0507 Bekasi, Letkol Inf Aditya, di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, banjir yang menggenangi rumah warga di Kampung Capjaya RT07 RW03 Desa Setia Jaya, Cabangbungin, diakibatkan luapan Sungai Citarum yang kelebihan debit air.

"Yang benar itu, airnya meluap. Bukan tanggulnya jebol," katanya.

Aditya mengaku telah mendirikan posko di lokasi itu guna membantu meringankan beban penderitaan para korban banjir di wilayah setempat.

Posko tersebut, kata dia, menyediakan dapur darurat yang biasa digunakan militer saat perang serta sejumlah personel TNI untuk membantu pemulihan lokasi.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bekasi, Agus Suparno, mengatakan sedikitnya sembilan kecamatan di wilayah setempat tergenang air.

"Banjir terparah berada di sekitar bantaran Sungai Citarum," katanya. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013