Kegiatan ini wahana yang tepat untuk mengangkat kembali kejayaan musik kolintang di Sulawesi Utara,"
Manado (ANTARA News) - Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) menggelar festival nasional Musik Kolintang memperebutkan piala bergilir Ibu Negara Ani Yudhoyono, di Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Festival dipusatkan di Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Sabtu, dibuka Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal.

Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal mengatakan, festival ini merupakan wahana strategis untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional daerah.

"Kegiatan ini wahana yang tepat untuk mengangkat kembali kejayaan musik kolintang di Sulawesi Utara," kata Sompie.

Sompie Singal mengatakan, festival tersebut sebagai salah satu kegiatan dalam melestarikan dan memperkaya khazanah budaya daerah di Indonesia.

"Akan menggugah kita semua untuk melestarikan budaya tradisional serta menjadikan tekad dalam mempertahankan seni budaya tersebut," kata Sompie.

Selain itu, kata Sompie, melalui festival tersebut merupakan kegiatan sangat tepat bagi para generasi muda penerus bangsa.

Kegiatan tersebut akan melindungi, menangkal pengaruh buruk atau negatif seperti Narkoba dan seks bebas.

"Para generasi muda dapat mengembangkan dan menyalurkan minat dan bakat terhadap seni dan budaya," kata Sompie.

Ketua Presidium Pinkan, Anie Rachmat Soedibjo mengatakan, pada festival ini dilaksanakan lomba kolintang dengan berbagai kategori mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan ibu-ibu.

"Untuk lomba Kolintang kategori ibu-ibu memperebutkan piala Ibu Negera Ani Yudhoyono," katanya.

Festival Kolintang selain diikuti sanggar kolintang dari berbagai kota dan kabupaten di Sulawesi Utara, juga berasal dari daerah lainnya di Indonesia.
(J009/M031)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013