GHENT, Belgia, 24 Januari 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Hari ini, Museum Dr. Guislain, yang terletak di Ghent, Belgia, dengan dukungan dari Janssen Research & Development, LLC ("Janssen"), mengumumkan nominasi global penghargaan Dr. Guislain "Breaking The Chains of Stigma" 2013. Penghargaan ini didedikasikan kepada individu, proyek atau organisasi yang telah memberikan kontribusi luar biasa untuk mengurangi stigma sosial terhadap penyakit jiwa.  Daftar nominasi dapat diserahkan di http://www.drguislainaward.org, dan akan diterima sampai 10 Maret 2013. Uang senilai $50.000 akan diberikan kepada pemenang, baik dari kategori individu ataupun grup, yang nantinya digunakan untuk perjuangan penekanan stigma sosial terhadap penyandang penyakit jiwa.

     Dr. Guislain "Breaking the Chains of Stigma" Award ditujukan untuk menghormati Dr. Joseph Guislain (1797-1860), seorang aktivis yang memperjuangkan para penyandang penyakit jiwa dan psikiatris Belgia pertama yang memberikan perawatan ilmiah untuk para penyandang. Sebagai pembela para penyandang penyakit jiwa, Dr. Guislain bekerja tanpa lelah demi memperjuangkan hak-hak para penyandang dan membantu meningkatkan status sosial mereka di masyarakat. Museum Dr. Guislain dan Janssen berkolaborasi mensponsori lahirnya penghargaan ini, yang secara khusus didanai oleh Janssen. Kedua organisasi ini memiliki warisan yang kaya dan keterlibatan yang panjang di dalam riset, pengobatan, dan pendidikan penyakit kejiwaan.

     "Suatu kehormatan bagi Museum Dr. Guislain untuk menghormati jasa-jasa Dr. Guislain melalui sokongan dan presentasi berkesinambungan yang berbentuk penghargaan global ini," ungkap Brother Rene Stockman, general manager Museum Dr. Guislain. "Kami terus berupaya mencari segala yang diwariskan oleh Dr. Guislain dan memberikan wawasan kepada masyarakat luas akan dampak negatif yang muncul akibat pengucilan sosial terhadap para penyandang penyakit jiwa, dan menyadari kontribusi vital yang diberikan, baik oleh individu maupun organisasi yang telah membantu mengurangi stigma sosial terhadap para penyandang."

     Pada tahun 2012, Bagus Utomo mendapat penghargaan tersebut. Bagus Utomo, yang berasal dari Indonesia, termotivasi oleh saudaranya yang mengidap penyakit kejiwaan, sehingga ia berniat membantu keluarga lainnya untuk melawan stigma sosial terhadap schizoprenia. Dia mendirikan organisasi Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI). Kemampuan advokasinya membantu memperbaiki aksesibilitas terhadap informasi mengenai kesehatan mental dan berkontribusi meningkatkan wawasan sosial terkait kondisi kejiwaan para penyandang di Indonesia yang sangat rapuh terhadap stigma sosial.    

     "Janssen sangat bangga mensponsori dan mendukung terlaksananya Dr. Guislain 'Breaking the Chains of Stigma' Award. Keterlibatan kami mencerminkan komitmen kami selama lebih dari 50 tahun untuk membantu menemukan solusi bagi para penderita penyakit kejiwaan dan otak. Selain itu penghargaan ini adalah kepingan vital bagi program kami, Healthy Minds Program," kata Husseini K. Manji, MD Global Therapeutic Area Head for Neuroscience, Janssen Research & Development, LLC. "Harapan kami berkolaborasi dengan Museum Dr. Guislain dalam penghargaan global ini adalah melawan stigma sosial yang dialami para penyandang, dan mengapresiasikan usaha para individu ataupun grup yang berkontribusi di dalam perjuangan ini."

     Janssen memiliki warisan, dan komitmen yang terus berjalan, dalam peningkatan riset neurosains. Warisan serta komitmen ini tercipta dari hasil-hasil kerja Dr. Paul Janssen (1926-2003). "Dr. Paul" dikenal sebagai salah satu ilmuwan abad 20 yang paling berbakat dan determinan. Untuk menghormati jasa-jasanya, Janssen mendukung komunitas kesehatan mental dan menyediakan dukungan advokasi untuk berbagai organisasi dan proyek terkait neurosains. Pada tahun 2011, Janssen merilis Healthy Minds, sebuah program komprehensif yang bertujuan mengadakan berbagai kerjasama dalam bidang bioteknologi, pharmaceutical, dan kemitraan sektor publik lainnya untuk mempercepat penemuan solusi pengobatan terhadap penyakit dan gangguan otak.

     Pemenang untuk kategori individu, proyek, atau organisasi akan diputuskan pada akhir bulan Mei, yang diseleksi oleh komite kesehatan mental internasional independen dan para pakar yang tersohor, dan akan diserahkan pada upacara World Mental Health Day pada 13 Oktober 2013.

     Mengenai Dr. Guislain "Breaking the Chains of Stigma" Award
     Individu, organisasi atau proyek dari dari seluruh dunia yang berkontribusi luar biasa dalam menghadapi, atau meningkatkan kesadaran akan, penyakit kejiwaan memenuhi syarat untuk mendapatkan Dr. Guislain "Breaking the Chains of Stigma" Award. Persyaratannya adalah:

     - Berkontribusi nyata terhadap penyakit kejiwaan dalam luang lingkup sosial yang sangat luas;
     - Memberikan kontribusi orisinil terhadap penekanan stigma sosial terhadap penyandang penyakit kejiwaan;
     - Mencurahkan perhatian yang luar biasa terhadap masalah penyakit kejiwaan;
     - Menjalaninya dengan semangat, kreatifitas, dan inovasi.

     Tentang Museum Dr. Guislain
     Museum Dr. Guislain, yang didirikan pada 1986 di Ghent, Belgia, memamerkan berbagai koleksi mengenai sejarah psikiatri melalui pameran tematik yang selalu berubah tiap pertengahan tahun. Musium tersebut menampilkan berbagai foto psikiatri, arsip-arsip lengkap selama dua abad, dan sebuah perpustakaan besar yang berisi riwayat psikiatri. Intinya, musium ini bertujuan mendidik masyarakat dan memperbaiki kesalahpahaman terhadap penyakit kejiwaan. Museum Dr. Guislain dikunjungi oleh 65.000 pengunjung tiap tahunnya.

     Mengenai Dr. Joseph Guislain
     Dr. Joseph Guislain (1797-1860), seorang aktivis yang memperjuangkan para penyandang penyakit jiwa, merupakan psikiatri pertama Belgia yang memberikan penanganan ilmiah untuk para penyandang. Sebagai agen pembela para penyandang penyakit jiwa, Dr. Guislain bekerja tanpa lelah demi memperjuangkan hak-hak para penyandang dan membantu meningkatkan status sosial mereka di masyarakat. Dia memberikan kuliah, menerbitkan berbagai buku mengenai penyakit kejiwaan, dan mendapat pengakuan luas di zamannya.

     Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dr. Guislain Award, silakan kunjungi www.drguislainaward.org.

     Kontak: Patrick Allegaert
             Museum Dr. Guislain
             +32-9-216-35-95
             allegaert.patrick@gmail.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013