Roma (ANTARA News) - Hiu di laut Mediterania dan Laut Hitam berada dalam ancaman karena jumlahnya menurun tajam dalam dua abad ini, demikian hasil penelitian dari Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO).

"Ikan hiu di Laut Mediterania menurun lebih dari 97 persen jumlahnya dan 'mencapai batas akhir' selama 200 tahun terakhir," FAO memperingatkan.

Satwa ini terancam punah bila pemancingan hiu masih berlangsung seperti sekarang.

Kehilangan pemangsa puncak seperti ini dapat menimbulkan masalah pada seluruh ekosistem laut dan juga mempengaruhi seluruh rantai makanan di kawasan tersebut.

Penelitian pada jenis ikan bertulang lunak seperti hiu dan pari, menemukan bahwa jenis satwa ini paling terancam punah di antara ikan laut lain di Mediterania dan Laut Hitam yang jumlahnya ada 85 jenis.

Dari 71 spesies yang diperiksa di Laut Mediterania pada 2007, sebanyak 30 atau 42 persennya diketahui dalam kondisi terancam termasuk 13 persen yang sangat terancam, 11 persen terancam punah dan 13 persen lainnya rentan.

Masih ada 18 persen lagi yang masuk dalam kelompok mendekati terancam.

"Terlalu banyak dipancing atau cara-cara penangkapan sembarangan serta penurunan kualitas lingkungan" adalah masalah yang sangat mempengaruhi keadaan satwa ini ketimbang jenis satwa lain.

Kegiatan pemancingan hiu semakin meningkat karena permintaan terhadap sirip, daging, dan tulang rawan meningkat.

Penerjemah : Maria D Andriana

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013