Reading (ANTARA News) - Southampton memberi pukulan keras kepada mantan pelatih mereka Nigel Adkins terhadap upayanya membawa tim dasar klasemen Reading lolos dari ancaman degradasi, melalui kemenangan tandang 2-0 pada Sabtu.

Jay Rodriguez membuka keunggulan Southampton menjelang babak pertama usai di Stadion Madejski dan, saat momentum awal tuan rumah menguap, Adam Lallana memastikan kemenangan timnya pada menit ke-72.

Ini merupakan kekalahan ketujuh berturut-turut bagi Reading dan membuat mereka terpaut tujuh angka dari zona aman dengan enam pertandingan tersisa untuk dimainkan, padahal mereka telah memainkan setidaknya satu pertandingan lebih banyak daripada semua tim yang berada di atas mereka.

Ketika Adkins dipaksa merenungi beratnya beban yang harus ditanggung dirinya setelah mengalami kekalahan di debutnya pada partai kandang, penggantinya di Southampton, Mauricio Pochettino, terlihat mampu memimpin The Saints menuju zona aman.

Klub pesisir Selatan Inggris itu sekarang telah meraih tiga kemenangan berturut-turut dan unggul enam angka di atas tiga tim terbawah dengan menghuni peringkat ke-11.

Danny Guthrie merupakan salah satu pemain yang mendapat manfaat dari kedatangan Adkins, ketika Reading dan dirinya nyaris menciptakan gol pembuka pada menit keempat melalui tendangan bebas yang disundul Sean Morrison melambung ke atas mistar gawang.

Penyerang Adam Le Fondre juga dimainkan sebagai pemain pertama oleh Adkins, namun ia tidak mampu memaksimalkan peluang yang dimilikinya, ketika sepakannya melambung dan melebar setelah para pemain bertahan tim tamu gagal menyapu bola.

Permohonan penalti pemain sayap Reading Hal Robson-Kanu tidak diberikan wasit setelah ia dijatuhkan Jos Hooiveld, sebelum Guthrie memberi umpan untuk ditanduk Adrian Mariappa yang masih dapat diantisipasi kiper Southampton Artur Boruc.

Tim tamu menghabiskan sebagian besar babak pertama dengan tertekan di area pertahanannya sendiri, namun pada menit ke-34 mereka menghantam Reading melalui "pukulan klasik."

Dari posisi tengah, Rodriguez memberikan umpan melebar kepada Rickie Lambert dan kemudian merangsek ke kotak penalti untuk menyambut pengembalian rekan setimnya itu.

Adam Federici bergerak untuk menghadang dirinya namun Rodriguez lebih cepat daripada kiper Reading itu dan dengan berani menceploskan bola ke gawang tuan rumah.

Tiba-tiba pertahanan Reading menjadi penuh lubang. Rodriguez melepaskan tembakan yang menghantam mistar gawang, dan kemudian merepotkan Federici dengan tembakan mendatar yang masih dapat ditepis sang kiper.

Bola pantul kemudian jatuh ke Gaston Ramirez, namun sepakannya masih melebar meski gawang terbuka lebar di hadapannya.

Pasukan Pocchetino memelihara cengkraman mereka setelah turun minum, dan pemain pengganti Lallana memastikan Southampton membawa pulang tiga angka saat pertandingan menyisakan 18 menit, dengan menyambar umpan cungkil Rodriguez dan dengan tenang memasukkan bola ke tiang dekat.

Boruc nyaris memberi hiburan bagi tuan rumah ketika ia nyaris gagal menguasai bola tandukan Le Fondre sehingga dapat melintasi garis gawangnya, namun asisten wasit memutuskan bahwa bola belum melewati garis gawang, demikian AFP. (H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013