Manado (ANTARA News) - Hari pertama pendaftaran, belum ada partai politik (Parpol) peserta pemilu mendaftarkan bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado.

"Sampai pukul 16.00 Wita, tidak ada partai yang mendaftar, kecuali datang mengambil formulir permohonan," kata Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggara Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Manado, Reynold Runtu, di Manado, Selasa.

Reynold menyebutkan, partai yang datang mengambil formulir pendaftaran tersebut adalah Hanura, Golkar, dan PKPI. Mereka datang sambil bertanya-tanya tentang prosedur yang harus dilalui dalam pendaftaran calon nanti.

Menurutnya, sesuai dengan kebijakan KPU, jika sudah ada partai mendaftar, maka berkas yang dimasukan harus mulai diperiksa untuk memastikan apa saja yang masih kurang, termasuk persyaratan 30 persen caleg perempuan dan dinyatakan sebagai milik penyelenggara Pemilu.

Ia menjelaskan, untuk mempermudah pekerjaan pemeriksaan, setiap komisioner KPU diserahi tanggungjawab membawahi masing-masing satu Daerah Pemilihan (Dapil) sebagai koordinator wilayah, untuk memimpin verifikasi seluruh calon yang mendaftar di KPU, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam bekerja.

"Mengenai kesiapan untuk menerima pendaftaran kami sudah sangat siap, tinggal menunggu dari partai datang untuk mendaftar," kata Reynold.

Berdasarkan keputusan KPU, ada 11 Partai yang resmi menjadi peserta Pemilu 2014 nanti, yakni Partai Golkar, Demokrat, PDIP, Hanura, PKB, Gerindra, PPP, PKS, PKPI, PAN, Nasdem, dan PBB.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013