Jayapura (ANTARA News) - Seringnya diguyur hujan, Pemerintah Kabupaten Paniai, Papua, akhirnya berencana membangun danau buatan untuk mengatasi banjir yang merendam ratusan rumah warga.

"Kami akan merubah rawa-rawa di sekitar Kali Enarotali menjadi danau buatan yang berguna untuk menampung kelebihan air kali jika musim penghujan datang," kata Bupati Kabupaten Paniai Hengky Kayame kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Saat ini, Hengky mengakui pihaknya masih menyusun master plan untuk danau buatan tersebut. Di mana sekitar 3-5 danau buatan yang akan dikerjakan.

"Tahun lalu, kami setempat menggelontorkan dana lebih dari Rp 1 miliar untuk mengeruk Kali Enarotali, namun kondisi itu tak mengubah keadaan kali saat air meluap," ujarnya.

Oleh karena itu, Hengky melanjutkan rawa-rawa yang mati atau sudah tidak ada airnya nantinya akan dijadikan danau buatan, sehingga semua kelebihan debit air akan ditampung di situ dan akan lebih aman.

Cuaca yang buruk berupa hujan deras terus menerus mengguyur Kota Enarotali, ibukota Kabupaten Paniai.

Bahkan banjir bandang juga melanda Kota Madi karena diguyur hujan selama empat jam. Akibatnya air meluap dari Kali Enarotali.

Ratusan rumah yang berada di pinggiran kali terendam banjir dan meminta pemerintah kabupaten setempat segera merelokasi mereka. Kejadian ini bukan yang pertama kali. Setiap hujan deras, maka akan terjadi banjir.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013