Politik itu adalah pertarungan yang cukup berat. Seorang bakal capres harus memiliki elektabilitas tinggi, wawasan ekonomi, visi yang relevan dengan Indonesia ke depan dan tampilan orang tersebut. Saya lihat Gita memenuhi kriteria ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dinilai memenuhi kriteria bakal calon presiden, sehingga layak mengikuti konvensi Partai Demokrat, demikian disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga.

"Politik itu adalah pertarungan yang cukup berat. Seorang bakal capres harus memiliki elektabilitas tinggi, wawasan ekonomi, visi yang relevan dengan Indonesia ke depan dan tampilan orang tersebut. Saya lihat Gita memenuhi kriteria ini," ujar Kastorius Sinaga di Jakarta, Kamis.

Kastorius mengatakan Gita Wirjawan memiliki wawasan dan visi ekonomi yang teruji, serta disegani oleh masyarakat internasional.

"Ini penting, karena perkembangan ekonomi yang terintegritas ini harus disikapi dengan baik dan andal. Sehingga, pemerintah ke depan memahami pola perekonomian Indonesia," ujar Kastorius.

Namun, lanjut Kastorius, tidak hanya pandangan soal ekonomi, seorang bakal capres juga perlu menggabungkan proses politik dengan perekonomian agar dapat mensejahterakan rakyat.

Kastorius mengemukakan, Demokrat akan membentuk komite konvensi pada September 2013 untuk melakukan seleksi terhadap tokoh-tokoh nasional yang diakui publik guna ikut dalam konvensi bakal capres Demokrat.

Menurut Kastorius, pertarungan politik yang cukup berat pada Pemilu 2014 mendorong Demokrat untuk memilih bakal capres yang memiliki elektabilitas tinggi.

Sehingga, lanjut Kastorius, elektabilitas tinggi yang dimiliki bakal capres Demokrat akan berpengaruh terhadap elektabilitas partai. (S038/T007)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013