Jakarta  (ANTARA News) - Operator telekomunikasi Korea Selatan SK Telecom secara resmi meluncurkan jaringan nirkabel LTE-Advanced pertama di dunia.

Jaringan tersebut lebih cepat dari standar LTE yang pada awalnya dianggap oleh International Telecommunications Union sebagai standar 4G sejati.

LTE-Advance mampu  mengakses Internet dengan kecepatan transfer data 150Mbps atau dua kali lebih cepat dari 4G LTE yang tersedia di Amerika Serikat maupun di tempat lain serta 10 kali lebih cepat dari 3G.

"Dengan kecepatan dua kali lebih cepat daripada LTE, LTE-A tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan dalam kualitas jaringan, tetapi juga melahirkan nilai tambah layanan mobile baru yang dapat membawa perubahan yang inovatif untuk kehidupan pelanggan kami," ujar presiden operasi-operasi bisnis jaringan SK Telecom, Park In-sik, seperti dilansir CNet, Rabu.

Menurut dia, kecepatan tersebut tercapai melalui bundling dua band frekuensi untuk meningkatkan bandwidth. SK Telecom mengharapkan agregasi operator-operator ke dalam platform ini untuk evolusi jaringan yang akan memberikan kecepatan jaringan hingga 500Mbps pada 2015.

Perangkat pertama yang mendukung akses supercepat ini adalah Samsung Galaxy S4 LTE-A. Awal bulan ini, raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung, dikabarkan telah menyiapkan perangkat tersebut.

Jika semua berjalan baik dengan Galaxy S4 Advanced, Samsung kemungkinan akan meluncurkan secara internasional di pasar mana dan kapan perangkat itu tersedia.

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013