Sudah dua hari ini, Lapas ini dibanjiri pengunjung, suasana menjelang puasa ini dijadikan keluarga sebagai ajang untuk bersilahturahmi dengan keluarga yang menjadi warga binaan,"
Padang (ANTARA News) - Keluarga narapidana dan tahanan ramai mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang, Sumatera Barat menjelang Ramadhan, Senin, guna menjenguk keluarganya yang menjalani masa tahanan. 

Pengunjung yang datang merupakan keluarga para tahanan dan narapidana. Puluhan mobil serta ratusan sepeda motor terlihat memenuhi area parkir.

Dari pantauan terlihat selain orang dewasa, anak-anak juga turut serta diajak menjenguk sanak kerabat yang tengah menjalani masa tahanan.

Jumlah pengunjung yang ramai membuat petugas harus ekstra ketat melakukan pengawasan. Sementara di gerbang masuk Lapas Muaro Padang terlihat ratusan orang yang antre untuk masuk.

Seluruh pengunjung lapas yang akan masuk ke dalam lapas diperiksa dengan teliti.

Albet (31), salah seorang pengunjung mengatakan bahwa ia dan kedua adik perempuannya sengaja untuk datang ke Lapas Muaro Padang guna menjenguk kakaknya yang tengah menjalani masa tahanan. "Sudah dua tahun ini, tiap menjelang masuknya bulan Ramadhan,

"Kami selalu mengunjungi Lapas Muaro Padang ini untuk mengunjungi abang yang kebetulan menjadi warga binaan," katanya.

Albet mengaku sengaja membawakan makanan untuk bekal saudaranya sahur di hari pertama puasa besok.

Pengunjung lainnya, Yetty (33), warga Air Tawar Barat juga mengaku sengaja meluangkan waktu mengunjungi suaminya menjelang Ramadhan. Tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan suaminya serta saling bermaaf-maafan.

"Saya tidak sendiri, saya bawa anak yang sudah berumur 6 tahun kesini, sudah hampir 3 tahun ia tak pernah melihat ayahnya, sekarang waktu yang tepat untuk mempertemukannya dengan ayahnya," kata ibu muda yang mengaku bekerja di salah satu perusahaan swasta di Padang ini.

Sementara Kepala lapas Muaro Padang, Elly Yuzar mengatakan kunjungan menjelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun ini, jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Sudah dua hari ini, Lapas ini dibanjiri pengunjung, suasana menjelang puasa ini dijadikan keluarga sebagai ajang untuk bersilahturahmi dengan keluarga yang menjadi warga binaan," katanya.

Agar tidak terjadi pemadatan di dalam lapas akibat pengunjung ini, pihak Lapas muaro Padang membatasi waktu kunjungan ke dalam Lapas. "Pengunjung yang hendak menemui kerabat yang sedang jadi warga binaan ini diberikan waktu sekitar 10-15 menit saja," katanya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013