...sebanyak 25 orang personel Tagana yang siap dimobilisasi.."
Bengkulu (ANTARA News) - Kesatuan Tanggap Darurat Bencana (Tagana) Kota Bengkulu dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1434H menyiapkan satuan tugas (satgas) pengamanan pantai.

"Kita siap untuk memberikan kenyamanan kepada warga yang akan mengunjungi destinasi wisata Pantai Panjang dan Pantai Zakat Kota Bengkulu," Kata Kepala Seksi Bantuan Bencana Dinas Sosial Kota Bengkulu yang sekaligus Kepala Kesatuan Tagana Agus Irianto, di Bengkulu, Minggu.

Pengamanan pantai oleh Tagana, kata dia, mulai digelar menjelang hari raya Idul Fitri hingga berakhir seminggu setelah hari raya.

"Dari H-2 kita akan memberikan pengawasan pada pengunjung, dan nanti kita juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya," kata dia.

Dia mengatakan bahwa Tagana akan membangun posko terpadu untuk penanggulangan bahaya kecelakaan dan pemberian pertolongan pertama kepada pengunjung wisata pantai yang ada di Kota Bengkulu.

"Kita akan bangun posko di empat titik, tiga titik di Pantai Panjang Bengkulu dan satu titik di Pantai Zakat. Untuk petugas akan kita maksimalkan semuanya, sebanyak 25 orang personel Tagana yang siap dimobilisasi," Kata Agus.

Selain Posko, dia menjelaskan, Tagana juga akan menyisiri pinggir pantai dengan menggunakan mobil patroli yang akan membawa beberapa orang regu penolong.

"Tidak cukup dengan posko, karena animo pengunjung sangat besar, dan mereka ketika sampai langsung ingin mandi di pantai, sedangkan kondisi geografis pantai kurang memungkinkan menjadi tempat mandi bagi para pengunjung," kata dia.

Dia mengatakan beberapa hari terakhir ketinggian gelombang laut mencapai tiga sampai empat meter dan ombak diprediksi tetap tinggi sampai setelah hari raya Idul Fitri.

"Kondisi cuaca di Kota Bengkulu kurang bagus, jadi kita harapkan agar masyarakat tidak mandi di pantai karena ombak tinggi, selain itu Pantai Panjang Bengkulu memiliki tektur dasar laut berpalung yang dalam," kata dia.

Bagi masyarat yang ingin mandi menurut dia akan diarahkan ke objek wisata Pantai Zakat Bengkulu, karena tekstur dasar laut pantai itu lebih dangkal.

Pewarta: Boyke LW
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013