Beijing (ANTARA News) - Presiden China Xi Jinping menginstruksikan seluruh pihak untuk memprioritaskan korban selamat dalam bencana gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter di Provinsi Gansu, China, Senin.

Demikian pernyataan singkatnya kepada media di Beijing, Senin. Sementara Perdana Menteri China Li Keqiang juga telah menginstruksikan untuk melakukan berbagai upaya untuk mengurangi jumlah korban jiwa.

Departemen Sipil Provinsi Gansu menyatakan gempa tersebut telah mengakibatkan 56 orang meninggal dunia, 412 orang luka-luka dan 14 lainnya masih dinyatakan hilang.

Gempa melanda Kabupaten Minxian dan Zhangxian, sekitar 170 kilometer (105 mil) tenggara ibu kota Provinsi Lanzhou pada pukul 07.45 waktu setempat.

Aliran istrik dan telekomunikasi di wilayah yang terkena gempa putus dan delapan kota terpencil, daerah pegunungan mengalami kerusakan serius akibat gempa dan berikutnya banjir serta longsor, kata media pemerintah setempat.

Organisasi Palang Merah China mengatakan mereka telah mengirim pasokan bantuan ke daerah-daerah tersebut termasuk jaket dan tenda. Begitu para petugas pemadam kebakaran serta unit bantuan lainnya, tak henti-hentinya dikerahkan ke sejumlah titik bencana di beberapa wilayah tersebut.

Hujan lebat juga diperkirakan terjadi pada wilayah gempa, pejabat pejabat khawatir akan memperparah kerusakan yang menyebabkan tanah longsong dan banjir.

(R018/A011)

Pewarta: Rini Utami
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013