Menurunnya penerimaan zakat ini sebenarnya dari penerimaan zakat maal, sedangkan zakat fitrah naik."
Jakarta (ANTARA News) - Masjid Negara Istiqlal Jakarta membagikan 196,981 juta kilogram beras zakat kepada kaum penerima zakat pada Ramadhan tahun ini, ujar Wakil Kepala Seksi Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Huarurah Abdul Salam.

"Kami sudah membagikan beras zakat sebesar 196,981 juta kilogram kepada hampir 3.000 orang dengan masing-masing mendapatkan lima kilogram," katanya di Jakarta, Rabu.

Selain itu, ia mengemukakan bahwa penerimaan zakat di Masjid Istiqlal Jakarta tahun ini mengalami penurunan dari Rp900.300.000 pada tahun sebelumnya, sedangkan tahun ini hanya menerima sekitar Rp840.000.000.

"Menurunnya penerimaan zakat ini sebenarnya dari penerimaan zakat maal, sedangkan zakat fitrah naik," ujarnya.

Menurut Abu, penerimaan zakat fitrah tahun ini naik dari sebelumnya hanya sekira Rp200 juta pada tahun lalu menjadi sekira Rp300 juta rupiah pada tahun ini.

Namun, ia menyatakan, zakat maal tahun ini justru menurun dari sekira Rp500 juta pada tahun sebelumnya, dan tahun ini terkumpul sekira Rp300 juta.

Besaran zakat maal yang diterima Masjid Istiqlal pada tahun ini senilai Rp358,857.000 yang akan dibagikan kepada sejumlah lembaga-lembaga yang sudah terlebih dahulu mengajukan proposal, seperti masjid, mushalla dan yayasan yatim piatu.

Shalat Idul Fitri 1434 H di Istiqlal akan diimami oleh Drs H Hasanuddin Sinaga MAg selaku imam rawatib Masjid Istiqlal dengan khatib Prof Dr. H Farid Wajdi Ibrahim MAg.

Setiap 1 Syawal Mesjid Istiqlal dipergunakan oleh kepala negara, pejabat negara dan para duta besar negara sahabat melakukan Shalat Idul Fitri.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013